Share

Ini Perubahan Regulasi MotoGP Mulai Musim Depan

Maulana Yusuf, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 38 2586966 ini-perubahan-regulasi-motogp-mulai-musim-depan-s5V3cUKDYW.jpg Perubahan regulasi MotoGP (Foto: MotoGP)

PORTIMAO – Kabar baru datang dari MotoGP. Komisi Grand Prix (GPC) resmi mengumumkan perubahan regulasi MotoGP.

Perubahan tersebut berkaitan dengan tes resmi yang akan diberlakukan mulai musim depan. Melansir dari laman resmi MotoGP, Kamis (28/4/2022), GPC telah melakukan rapat dengan para anggotanya di Portimao, Portugal pada 22 April 2022 lalu.

Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

Sejumlah keputusan pun muncul, salah satunya tentang pengurangan tes resmi MotoGP untuk musim depan. Perlu diketahui, GPC sendiri beranggotakan Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Biense Bierma (MSMA), Jorge Viegas (Presiden FIM), Carlos Ezpeleta (Dorna ), Mike Trimby (IRTA, Sekretaris pertemuan) dan Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi).

Adapun, pertemuan tersebut membahas soal perubahan long lap penalty, tes resmi, dan bahan bakar. Untuk long lap penalty, perubahan dibuat adalah jalur yang bersih. Artinya, aspal tersebut tidak ada yang dicat dan tidak boleh dicat.

Hal paling menarik perhatian adalah jumlah hari tes resmi yang dikurangi, untuk pascamusim, pramusim, dan tes saat musim berlangsung. Menyadari dampak dari peningkatan jumlah seri MotoGP, tim dari peserta balapan dan Michelin mengurangi jumlah hari tes resmi untuk kelas MotoGP.

Apa perubahannya? Yang pertama, tes pascamusim hanya akan berlangsung satu hari di sirkuit yang juga digunakan untuk seri terakhir MotoGP 2022, yakni Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.

Kedua, tes shakedown tetap berdurasi tiga hari. Biasanya, tes ini sering berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia. Setelah itu, ada tes resmi pramusim yang juga berlangsung selama tiga hari.

Kemudian, ada dua hari tambahan lagi untuk tes pramusim, seperti halnya di Sirkuit Mandalika, pada awal Februari lalu. Terakhir, tes resmi pada saat musim berlangsung juga berubah.

Tes resmi tersebut akan diadakan dua kali dalam waktu satu hari saja. Periodenya antara Senin atau Selasa setelah balapan berlangsung. Adapun tanggalnya, akan disepakati oleh peserta, Dorna Sports, dan IRTA.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Selanjutnya, soal bahan bakar. Seperti yang telah diumumkan oleh GPC, mulai 2024, semua kelas wajib menggunakan bahan bakar dengan minimal 40% bahan bakar non-fosil. Persentase ini akan ditingkatkan menjadi 100% untuk musim 2027. Adapun spesifikasi yang tepat untuk karakteristik bahan bakar, FIM MotoGP dari 2024 hingga 2026 kini telah disepakati dan akan dipublikasikan di waktu mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini