Share

5 Kisah Atlet Mualaf Jalani Puasa Ramadan, Nomor 1 Jadi Sorotan Usai Buka Puasa saat Bertanding

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 04 April 2022 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 43 2573092 5-kisah-atlet-mualaf-jalani-puasa-ramadan-nomor-1-jadi-sorotan-usai-buka-puasa-saat-bertanding-wEFStWhV6z.jpg Wilhelm Ott memutuskan menjadi mualaf. (Foto: Instagram/@willi.ott.148)

5 kisah atlet mualaf jalani puasa Ramadan menarik dikulik. Sebab, ada banyak kisah inspiratif yang mendorong khalayak ramai untuk lebih tekun dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadan ini.

Ya, sejumlah atlet memang memilih jalan tersendiri perihal perjalanan spiritual. Beberapa di antaranya memilih berpindah agama menjadi mualaf. Usai memeluk agama Islam, mereka pun tekun dalam beribadah menjalani perintah agama.

BACA JUGA: Sederet Atlet Mualaf yang Jalani Puasa Ramadan 1443 H

Kala bulan suci Ramadan tiba, para atlet mualaf pun punya kisahnya tersendiri dalam berpuasa. Tak jarang, mereka membagikan kisahnya di media sosial atau kala menjalani wawancara. Mari menilik, 5 kisah atlet mualaf jalani puasa Ramadan.

BACA JUGA: 5 Atlet Mualaf yang Ramaikan Ramadan Tahun Ini, Nomor 1 dari Indonesia

5. Sonny Bill William

Sonny Bill Williams

Di urutan kelima, ada nama Sonny Bill William. Dia merupakan atlet rugby dari Selandia Baru. Sonny Bill Williams bersentuhan dengan Islam saat berkarier di Toulon, Prancis. Di sana, dia berkenalan dengan keluarga imigran asal Tunisia.

Selama menginap di rumah keluarga imigran itu, Sonny Bil Williams melihat mereka tetap bahagia, meski kehidupannya tidak kaya raya. Kedamaian, penghiburan, dan kebahagiaan yang ditunjukkan keluarga imigran itu akhirnya memengaruhi Sonny Bill Williams perihal spiritual.

Sonny Bill Williams menjadi ingin lebih mengetahui agama Islam. Dia pun masuk Islam pada 2009. Setelah menjadi mualaf, kehidupan pria asal Selandia baru itu perlahan-lahan berubah menjadi lebih baik. Sonny Bill Williams bahkan tekun dalam beribadah.

Kala Ramadan tiba, dia selalu terlihat antusias menyambutnya. Pada 2021, dia yang tampak antusias menjalani ibadah di Ramadan, mengunggah foto memakai baju gamis putih bersama sang anak. Diketahui, foto itu diambil kala dirinya menjalani salat tarawih bersama sang anak.

Sonny pun semringah melaksanakan ibadah solat tarawih pertama pada 2021. Dalam caption-nya, dia menjelaskan bahwa orang dengan berat badan lebih dari 100 kilogram masih bisa duduk dan menjalankan ibadah salat tarawih. Jadi, tak ada halangan baginya untuk menjalani perintah agama.

4. Wilhelm Ott

Wilhelm Ott

Kemudian, ada Wilhelm Ott. Sosok atlet MMA asal Austria ini terus mencuri perhatian usai memutuskan menjadi mualaf pada 16 April 2020. Keputusan itu diambil kala pandemi Covid-19 tengah menghantam kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Lantaran pandemi ini memberi pengaruh besar ke kehidupan, tak jarang sejumlah pihak merasa frustrasi. Hal itu pun turut dialami Wilhelm Ott. Namun, dia kemudian menemukan ketenangan lewat agama Islam.

Tak ayal, Wilhelm Ott kemudian memilih menjadi mualaf. Usai menjadi mualaf bersama sang istri, Michelle Birringer, dan anaknya, dia pun tekun dalam menjalani perintah agama. Kala Ramadan tiba, dia terlihat antusias menjalani ibadah.

Pada Ramadan kali ini, Wilhelm Ott turut aktif membagikan kegiatannya sehari-hari. Dalam Insta Story, dia terlihat tengah menjalani salat berjamaah di masjid. Ketekunan dalam beribadah juga ditunjukkan sang istri. Di awal Ramadan pun, dia mengunggah tulisan yang menunjukkan antusiasnya menyambut Ramadan.

“Saya berdoa semoga Ramadan akan menyembuhkan hati mereka yang telah terlalu lama patah. Jiwa-jiwa yang tersesat menemukan jalan kembali kepada Allah,” tulisnya di Instagram.

“Saya berdoa semoga Ramadan ini menjadi salah satu penyembuh terbesar bagi mereka yang patah, bagi mereka yang tidak sembuh, dan bagi mereka yang membutuhkan Allah,” sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Franck Ribery

Franck Ribery

Di urutan ketiga, ada nama Franck Ribery. Eks bintang Bayern Munich ini juga diketahui memutuskan menjadi mualaf. Dia sudah memeluk agama Islam sejak 2002.

Ribery mengaku lebih damai dalam menjalani kehidupan usai menjadi mualaf. Tak heran, dia pun tekun dalam menjalani perintah agama, termasuk kala Ramadan tiba. Meski dihadapkan dengan banyak pertandingan, dia tetap berusaha berpuasa selama bulan Ramadan.

Dalam sebuah wawancara, Ribery pun membagiak kiatnya dalam beribadah di bulan Ramadan. Semua ini dilakukan agar dirinya tetap kuat menjalani aktivitasnya yang tentunya lebih menuntut fisik.

"Anda harus banyak minum air karena itu mencegah rasa lapar. Saya melihatnya di televisi. Di sisi lain, penting untuk menghindari minuman soda karena mengandung banyak gula," ujar Ribery, seperti dilansir dari Football France.

2. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales

Kemudian, ada nama Cristian Gonzales. Pesepakbola kondang di Tanah Air ini juga merupakan seorang mualaf. Dia memutuskan menjadi mualaf pada 9 Oktober 2003.

Gonzalez masuk agama Islam usai menikahi perempuan Indonesia, Eva Nurida Siregar. Semenjak menjadi mualaf, Gonzales memiliki nama Islam yakni Mustafa Habibi.

Usai menjadi mualaf, Gonzalez pun tekun dalam menjalani perintah agama, termasuk berpuasa di Ramadan. Di Ramadan tahun ini, dia pun bisa menjalani puasa bersama keluarga. Sebab, kompetisi sepakbola di Tanah Air sendiri sudah rampung digelar.

Dalam unggahannya di Instagram, Cristian Gonzales membagikan momennya berbuka puasa bersama keluarganya. Dia tampak menikmati momen berpuka puasanya itu.

“Alhamdulillah berbuka puasa tuk semua. Sederhana tapi nikmat. Keluarga. Marhaban ya Ramadan,” tulisnya.

1. Kyrie Irving

Kyrie Irving

Terakhir, ada Kyrie Irving. Bintang NBA ini diketahui menjadi mualaf usai mengumumkannya dalam konferensi pers pasca-pertandingan pada 23 April 2021. Dia langsung mengaku menjalani ibadah Ramadan kala itu, meski dihadapkan dengan jadwal laga padat.

“Saya mengambil bagian di Ramadan dengan banyak saudara laki-laki dan perempuan Muslim saya. Dan itu adalah penyesuaian,” ujar bintang Brooklyn Nets tersebut.

“Saya berkomitmen kepada Tuhan, Allah, dan kemudian melanjutkan dengan apa pun yang saya pandu. Saya senang menjadi bagian dari komunitas saya dan melakukan hal yang benar. Jadi, puasa jelas merupakan bagian dari saya benar-benar diberkati dan bersyukur bisa ambil bagian dalam hal ini,” jelas Kyrie Irving.

Di bulan Ramadan kali ini, Kyrie Irving pun turut menyambutnya dengan antusias. Hal itu terlihat dalam cuitannya di Twitter.

“Dan dimulailah... Terima kasih Tuhan. Tolong bimbing semua saudara dan saudaria saya,” tulisnya di Twitter.

Dia pun kembali menjadi sorotan karena kedapatan berbuka puasa di tengah pertandingan. Berdasarkan video dari akun twitter @FaktaSepakbola, Senin (4/4/2022), Irving terlihat sedang menyantap makanan ringan saat pertandingan berlangsung. Irving saat itu berada di bangku cadangan bersama pemain lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini