Share

Jelang MotoGP Indonesia 2022, Patung Presiden Jokowi Sudah Terpasang di Sirkuit Mandalika

Ema Widiawati, Jurnalis · Minggu 13 Maret 2022 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 13 38 2560801 jelang-motogp-indonesia-2022-patung-presiden-jokowi-sudah-terpasang-di-sirkuit-mandalika-VFLZQnQhGs.jpg Patung Presiden RI, Joko Widodo sedang kendarai motor sudah terpasang di area Sirkuit Mandalika. (Foto: iNews))

MANDALIKA โ€“ Jelang MotoGP Indonesia 2022 yang digelar pada 18-20 Maret 2022 mendatang, Sirkuit Mandalika kini semakin indah dengan adanya tambahan patung Presiden Indonesia, Joko Widodo. Menariknya meski sudah terpasang di area Sirkuit Mandalika, patung Jokowi yang mengendarai motor itu masih ditutupi kain karena memang belum diresmikan.

Patung Presiden Jokowi naik motor itu memang harus ditutup untuk sementara waktu. Nantinya patung baru akan dibuka hingga ada serah terima ke pihak Indoensia Tourism Development Corporation (ITDC).

Sejatinya patung Presiden Jokowi itu sudah tiba di Sirkuit Mandalika pada 24 Februari 2022 yang lalu. Namun, baru-baru ini patung sebesar tiga ton tersebut terpasang di area Sirkuit Mandalika.

Patung Jokowi hasil karya Nyoman Nuarta (instagram/nyoman nuarta)

Tentunya kehadiran patung yang Presiden Jokowi mengendarai motor itu akan menjadi ikon baru dari Sirkuit Mandalika. Patung tersebut pun disebut sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi Presiden Jokowi dalam pembangunan Sirkuit Mandalika.

Karena selama Jokowi sering menggunakan motor kesayangannya di Sirkuit Mandalika, seniman asal Bali, Nyoman Nuarta pun akhirnya membangun patung tersebut. Menurut juru bicara Nyoman Nuarta, Djuki Ridwan, pembentukan patung Presiden Jokowi bisa dikatakan selesai dari waktu yang diperkirakan.

โ€œJauh lebih cepat sebetulnya dari rencana (pemasangan patung Presiden Jokowi di Sirkuit Mandalika). Beliau bekerja keras dengan cepat,โ€ kata Djuki Ridwa, Minggu (13/3/2022).

โ€œBeliau membuat ini karena melihat Presiden Jokowi yang selalu menggunakan motor ke mana-mana dengan motor yang sama saat di Mandalika,โ€ tambah juru bicara Nyoman Nuarta tersebut.

Djuki Ridwan pun menambahkan bahwa pembuatan patung Jokowi tersebut dibuat menggunakan bahan rangkai stainless steel anti karat, tembaga, dan kuningan. Adapun untuk pewarnaan menggunakan proses patinta dengan bahan kimia.

Patung Jokowi hasil karya Nyoman Nuarta (iNews)

Hal itu lantas membuat pewarnaan tersebut mengeluarkan warna hijau dan dapat mencegah terjadi perubahan warna. Semua itu dilakukan demi memaksimalkan proses pembuatan patung Jokowi yang sedang naik motor tersebut.

Adapun kini patung bernama Speed itu sudah ditutupi kain kembali meski telah terpasang di pondasi yang berada di Sirkuit Mandalika. Kain baru dibuka ketika ada serah terima dari ITDC.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini