Share

FIM Jatuhkan Sanksi kepada Pembalap Rusia dan Belarusia, Imbas Invasi ke Ukraina

Rio Eristiawan, Jurnalis · Minggu 06 Maret 2022 05:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 06 38 2557014 fim-jatuhkan-sanksi-kepada-pembalap-rusia-dan-belarusia-imbas-invasi-ke-ukraina-6vj2VpxN0z.jpg Para pembalap. (Foto: MotoGP)

FEDERASI Balap Motor Internasional (FIM) resmi memberi sanksi kepada pembalap Rusia dan Belarusia. Keputusan ini diambil sebagai imbas invasi Rusia ke Ukraina, sementara Belarusia memberi dukungan atas penyerangan itu.

Seperti yang telah diketahui, invasi militer yang dilakukan Rusia membuat atlet-atlet mereka tidak bisa tampil di berbagai turnamen besar. Terbaru, FIM melarang pembalap Rusia dan Belarusia tampil di ajang MotoGP dan kelas lainnya.

logo fim

Presiden FIM, Jorge Viegas, mengatakan pemberian sanksi kepada pembalap Rusia dan Belarusia sebagai bentuk dukungan kepada Ukraina. Ia menjelaskan langkah ini diambil untuk kepentingan olahraga dan perdamaian.

BACA JUGA: Bukan Seluruhnya, Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Hanya Dilakukan di 17,5 Persen Lintasan

BACA JUGA: Penyebab Aspal Sirkuit Mandalika Terkelupas Diungkap MGPA

“Kami berdiri dalam solidaritas dengan semua orang yang menderita akibat invasi Rusia di Ukraina, dan tetap berhubungan dekat dengan anggota afiliasi kami di Ukraina. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anggota Dewan Direksi FIM karena memutuskan langkah-langkah ini untuk kepentingan olahraga dan perdamaian," kata Viegas dilansir dari Motosan, Minggu (6/3/2022).

Lebih lanjut, Viegas mengatakan ajang balap di Rusia, Belarusia, dan Ukraina telah dibatalkan usai melakukan pembicaraan dengan promotor dan penyelenggaraan balapan. Ia menjelaskan keputusan ini juga diambil sesuai dengan visi dan misi komite olimpiade internasional.

"FIM, bersama dengan promotor dan penyelenggara, telah berbicara tentang masalah ini dan membatalkan kompetisi FIM yang dijadwalkan di Rusia, Belarus dan Ukraina. Keputusan yang diumumkan hari ini sejalan dengan rekomendasi dan deklarasi yang dibuat oleh Komite Olimpiade Internasional, yang disesuaikan dengan olahraga kita," ucapnya.

Sementara itu, dengan invasi yang masih terus dilakukan oleh Rusia kepada Ukraina. Viegas mengaku sangat sedih dan berharap peperangan cepat selesai dan adanya perdamaian antara kedua negara.

"Keluarga FIM menyaksikan peristiwa di Ukraina dengan sangat sedih dan berharap untuk penyelesaian yang cepat dan damai," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini