Share

Bukan Seluruhnya, Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Hanya Dilakukan di 17,5 Persen Lintasan

Rio Eristiawan, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 38 2548380 bukan-seluruhnya-pengaspalan-ulang-sirkuit-mandalika-hanya-dilakukan-di-17-5-persen-lintasan-1XurnlN9BC.jpg Sirkuit Mandalika akan diaspal ulang. (Foto: Instagram/@vr46racingteam)

JAKARTA – Sirkuit Mandalika yang akan menggelar balapan MotoGP Indonesia 2022 pada Maret, dipastikan akan diaspal ulang. Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, Novel Arsyad, mengatakan pengaspalan ulang tidak dilakukan di seluruh lintasan Sirkuit Mandalika, melainkan hanya 17,5 persen dari trek.

Sebagaimana diketahui, tes pramusim di Sirkuit Mandalika telah usai digelar pada 11-13 Februari 2022. Tes yang berlangsung selama tiga hari itu menjadi bagian penting bagi pembalap MotoGP karena Indonesia masuk kalender balap musim 2022.

Sirkuit Mandalika akan diaspal ulang

Sirkuit Mandalika akan menjadi seri kedua MotoGP pada 20 Maret 2022. Namun, selama tes pramusim, banyak pembalap mengeluhkan permukaan Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA: Tak Mau Sirkuit Mandalika Dipermalukan, MGPA Siap Berbenah Jelang MotoGP Indonesia 2022

Menanggapi keluhan para pembalap, Novel mengatakan pihaknya akan melakukan beberapa perbaikan terhadap permukaan Sirkuit Mandalika dengan persetujuan RIM, yang telah memiliki standar dunia. Nantinya, akan dilakukan pengelupasan 4 sentimeter (cm) pada aspal Sirkuit Mandalika serta melakukan pembersihan untuk pengaspalan ulang.

Namun, pengaspalan ulang ini tidak dilakukan di seluruh lintasan. Pengasapalan ulang hanya dilakukan di bagian-bagian tertentu.

BACA JUGA: Banyak Dikritik Pembalap hingga Media Asing, Sirkuit Mandalika Justru Disanjung Operator MotoGP

"Kita akan melakukan yang terbaik, jadi akan melakukan beberapa metode dan itu akan mendiskusikannya dengan konsultan dari RIM yang memiliki standar dunia dan memberikan izin ke kita bisa masuk ke standar MotoGP dunia," kata Novel dalam evaluasi tes pramusim Sirkuit Mandalika secara virtual, Rabu (16/2/2022).

"Pertama, kami akan melakukan pengelupasan pada lapisan aspal teratas kurang lebih 4 sentimeter, dan langsung kita bersihkan untuk melakukan pengaspalan ulang. Tetapi, itu tidak akan dilakukan di seluruh lintasan hanya di bagian tertentu, dan sudah mendapatkan persetujuan dari RIM," ucapnya.

Lebih lanjut, Novel menjelaskan pengaspalan ulang dilakukan hanya beberapa titik saja. Sebab, Sirkuit Mandalika bukan hanya digunakan untuk gelaran MotoGP saja nantinya.

"Sebenarnya, yang terjadi untuk pengaspalan ulang hanya beberapa titik. Tapi, sirkuit MotoGP (Mandalika) bukan hanya satu kali, tetapi untuk setiap tahun karena bukan hanya MotoGP. Kami akan berkomitmen membuat lintasan berkualitas baik dengan waktu secepat mungkin," tuturnya.

Sirkuit Mandalika akan diaspal ulang

Novel mengatakan peralatan untuk melakukan renovasi Sirkuit Mandalika telah diberangkatkan pada 15 Februari 2022 dan mendapat pengawalan khusus. Pengiriman peralatan berat ini dilakukan menggunakan kapal khusus untuk mempercepat tiba di lokasi.

"Untuk peralatan, sudah kami kirim sejak tanggal 15 Februari dan dikawal khusus dari kepolisian. Kami juga menyewa kapal khusus untuk mempercepat waktu tiba peralatan. Serta bahan materi, sudah mengikuti standar dari RIM, dan kami tidak akan merubah ketentuan," tuturnya.

"Harapan kami minggu depan sudah bisa bekerja di lapangan. Kami akan melakukan pengaspalan ulang dari tikungan 16,5 hingga tikungan 6,5 jadi kurang lebih 17,5 persen dari keseluruhan lintasan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini