Share

Pahami Lebih Jauh Aturan Permainan Wushu

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 01:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 43 2552713 pahami-lebih-jauh-aturan-permainan-wushu-Sk7CB2B9tw.jpg Aturan permainan wushu. (Foto: Reuters)

ATURAN permainan wushu kerap menjadi perhatian bagi atlet wushu saat ingin bertanding. Wushu sendiri merupakan salah satu bela diri asli China.

Dalam bahasa China, wushu berarti seni perang. Di daratan China, wushu juga disebut dengan kuoshu yang berarti seni nasional karena masyarakat di China sebagian besar memang sangat fanatik dengan seni ini. Alhasil, menguasai seni ini dapat memberi simbol keperkasaan bagi seseorang.

Aturan permainan wushu

Seni bela diri ini dipopulerkan oleh Bruce Lee dengan nama kungfu. Wushu sendiri saat ini termasuk salah satu cabang olahraga yang turut serta dalam berbagai ajang baik nasional maupun internasional.

Sebelum mengikuti pertandingan, para atlet wushu harus mengerti dan memahami aturan permainannya. Lantas, apa saja aturan dalam olahraga satu ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA: 6 Senjata yang Digunakan dalam Wushu

BACA JUGA: 5 Manfaat Melakukan Olahraga Wushu, dari Olahraga hingga Kesehatan Mental

Aturan Permainan Wushu

1. Hormat

Ketika dipanggil, pesaing harus memberi hormat kepada hakim ketua dengan telapak tangan dan tinju yang disatukan, disertai dengan sedikit membungkukkan badan.

2. Seragam

Seragam yang digunakan dalam pertandingan bisa berupa baju kaus dengan celana panjang. Seragam harus bersih dan bebas kerut pada awal pertandingan.

3. Penampilan dengan Musik

Berbeda dengan seni bela diri yang lain, dalam olahraga ini, peserta harus menggunakan musik instrumental. Uniknya lagi, tidak ada lirik untuk mengiringi selama kegiatan berlangsung.

4. Batas Waktu untuk Penampilan dalam Kompetisi

Dalam beberapa jenis gerakan wushu, seperti changquan (tinju panjang), nanquan (gaya tinju), jianshu (pedang drama), daoshu (pedang lebar drama), qiangshu (tombak drama), gunshu (gada drama), nandao (gaya pedang selatan), dan nangun (gaya gada) waktu penampilan tidak kurang dari 1 menit 20 detik.

Sedangkan untuk kategori pemuda dan anak-anak, waktunya tidak kurang dari 1 menit 10 detik. Selain itu, untuk jenis taijijian (taiji pedang) dan grup, waktunya tidak kurang dari 3 sampai 4 menit, taijiquan (taiji tinju) waktunya tidak kurang dari 5 sampai 6 menit.

5. Arena Pertandingan

Masing-masing kegiatan akan dilakukan di atas karpet dengan panjang 14 meter dan lebar 8 meter, dikelilingi oleh wilayah keselamatan 2 meter di sekeliling karpet. Untuk kegiatan kelompok akan dilakukan di atas karpet dengan panjang 16 meter dan lebar 14 meter, dikelilingi oleh wilayah keamanan 1 meter di sekeliling karpet.

Aturan permainan wushu

Tepi karpet harus ditandai dengan 10 pembatasan berwarna putih dengan lebar 5 sentimeter, langit-langit di atas karpet tingginya 8 meter, jarak antara dua karpet kira-kira 6 meter.

6. Hakim

Setiap kegiatan dinilai oleh tiga kelompok hakim. Kelompok hakim pertama bertugas menilai  kualitas gerakan dalam pertandingan, kelompok hakim kedua bertugas memberikan penilaian secara keseluruhan terhadap jalannya pertandingan.

Sedangkan kelompok hakim ketiga bertugas memberikan penilaian terhadap tingkat kesulitan gerakan yang dilakukan oleh peserta pertandingan, masing-masing hakim akan memberikan nilai, nilai yang tertinggi yang dapat diberikan maksimum 10 poin.

Demikianlah aturan pada cabang olahraga asal China tersebut. Unik bukan? Sekarang, kamu sudah mengerti aturan permainannya. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini