Share

6 Senjata yang Digunakan dalam Wushu

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 43 2552113 6-senjata-yang-digunakan-dalam-wushu-mRsuQ6gFuK.jpg Berikut senjata yang digunakan dalam wushu (Foto: Instagram/@edgarmarvelo)

SENJATA yang digunakan dalam wushu akan dibahas Okezone. Senjata-senjata tersebut memiliki kegunaannya tersendiri. Akan tetapi, membutuhkan teknik dasar dalam penggunaannya dan pendamping bagi Anda yang masih pemula.

6. Dao

Senjata yang Digunakan Dalam Wushu

(Dao, foto: Istimewa)

Dao Merupakan sebuah pedang berbentuk lebar yang memiliki sisi tajam pada satu sisinya. Gaya changquan cocok dengan senjata ini karena cao memiliki karakter galak, ganas, berani, cepat, tangkas, dan juga gesit.

Oleh sebab itu, gerakan-gerkannya lebih banyak pada bacokan, tusukan, tangkisan, dan serangan kombinasi yang cukup baik. Dao dipegang satu tangan, sedangkan tangan lainnya hanya berfungsi sebagai penyeimbang gerakan dan keindahan jurus.

5. Nandao

Senjata yang Digunakan Dalam Wushu

(Nandao, foto: Istimewa)

Nandao adalah pedang dengan bentuk hampir mirip dengan dao, tetapi lebih panjang. Senjata ini didasarkan pada pedang kupu-kupu asal yongchunguan. Ini salah satu gaya asal Selatan yang cukup terkenal. Gaya wushu yang sesuai dengan senjata ini adalah gaya nanquan.

Menurut standar wushu internasional, nandao, yang lebih panjang, diubah sehingga hanya satu saja yang digunakan. Golok, yang masuk kategori golok selatan itu, memiliki karakter galak dan keras. Gerakannya patah-patah dan tegas.

4. Jian

Senjata yang Digunakan Dalam Wushu

(Jian, foto: Istimewa)

Jian adalah pedang berbentuk lurus dengan dua sisi tajam. Ini mengacu pada pedang bermata lurus. Gaya wushu yang cocok, yaitu changquan. Pedang ini bergerak lembut, gerakannya seperti burung hong. Adapun gerakan yang digunakan, adalah berputar, menangkis, dan menusuk.

Penekanan jurus pedang ini terletak pada pergelangan tangan. Penggunaan jurus pedang ini awalnya terlihat mudah, tetapi butuh jurus yang sangat tinggi.

3. Gunshu

Senjata yang Digunakan Dalam Wushu

(Gunshu, foto: Istimewa)

Gunshu merupakan senjata tongkat panjang atau toya. Senjata ini terbuat dari kayu lilin putih. Toya dikenal sebagai nenek moyang dari segala jenis senjata karena banyak senjata yang dikembangkan darinya.

Karakter Toya yang populer dan praktis, membuat gerakan toya, antara lain gerakan cepat memukul, menotok, menyapu, menangkis, menekan, sontekan ke atas bertenaga. Gunshu lebih dominan dimainkan dengan tangan kanan serta lebih banyak main di belakang badan. Gaya wushu yang cocok dengan senjata ini adalah gaya changquan.

2. Nangun

Senjata yang Digunakan Dalam Wushu

(Nangun, foto: Istimewa)

Nangun atau toya selatan sama, seperti gunshu, tetapi senjata ini menggunakan gaya nanquan yang memiliki karakter lebih bertenaga dan keras. Ukuran toyanya sedikit lebih sedikit daripada gunshu dan sedikit lebih besar. Karena berasal dari selatan, jurus yang terlihat adalah patah-patah, tetapi keras, bertenaga, dan mematikan.

Kebanyakan orang menggunakan tangan kanan saat memainkan toya. Selain itu, toya juga lebih sering dimainkan di depan badan.

1. Qiang

Senjata yang Digunakan Dalam Wushu

(Qiang, foto: Istimewa)

Qiang adalah tombak lentur dengan ciri khas rumbai merah yang melekat pada ujung tombak. Pada ujung tombak, yang tajam, terdapat banyak variasi bentuk.

Tombak biasa disebut sebagai raja karena dapat mewakili semua karakter, baik senjata panjang maupun pendek. Qiang bisa bergerak layaknya toya, gesit seperti pedang, dan tentu ganas seperti golok. Gaya wushu yang cocok dengan senjata ini adalah gaya changquan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini