Share

3 Jenis Olahraga Wushu yang Ada di Dunia

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Selasa 22 Februari 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 43 2551105 3-jenis-olahraga-wushu-yang-ada-di-dunia-XJVshji62h.jpg 3 Jenis Olahraga Wushu yang Ada di Dunia. (Foto: Reuters)

3 Jenis Olahraga Wushu yang Ada di Dunia ternyata berbeda. Berikut ini kami akan memberikan penjelasannya. Karena masih banyak yang belum mengetahui wushu. Padahal secara umum wushu adalah istilah yang menjelaskan tentang bela diri asal Negeri Tirai Bambu itu.

Nah, ada tiga jenis bela diri yang berasal dari Cina. Apa saja itu? Simak baik-baik ya Okezoners.

1. Wing Chun

Wing Chun

Wing Chun adalah seni bela diri Tionghoa dan bentuk bela diri yang mengkombinasikan penyerangan dan pergulatan dan spesialisasi di pertarungan jarak dekat. Bela diri ini makin populer semenjak Donny Yen berperan sebagai guru dalam film IP Man.

Pada bela diri ini lebih mengutamkan pertarungan jarak dekat, pukulan cepat dan tendangan yang cukup ketat.

Ada beberapa teknik dasar wing chun yang harus dipelajari seseorang sebelum ia kemudian masuk ke beberapa teknik andalan atau teknik kombinasi. Beberapa teknik dasar tersebut seperti di bawah ini: yaitu Kuda-kuda, Siu Nim Tao dan Chum Kiu.

2. Tai Chi

Tai Chi

Bela diri selanjutnya dari Cina yaitu Taichi. Dalam bela diri ini tak hanya pada gerakan semata. Tapi seorang atlet Tai Chi juga harus menyelaraskan antara gerakan dan juga pikiran. Kunci kesuksesan dalam Tai chi adalah dengan fokus dan yang tak kalah penting berlatih pernafasan.

Bicara Tai Chi pasti Anda tahu siapa aktor terkenal yang juga lihai menekuni Tai Chi. Jawabannya adalah Jet Li.

Sama halnya dengan wing chun, Tai Chi juga memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai sebelum ia masuk kedalam tahap selanjutnya. Salah satu bagian terpenting di dalam seni bela diri yang satu ini adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk melemaskan otot serta menenangkan pikiran agar supaya seirama dengan gerakan tubuhnya.

3. Shaolin

Shaolin

Mendengar kata Shaolin pasti pikiran Anda menunjukan sosok film Boboho dengan ciri botak dan tinggal dalam asrama biksu. Itu tidak salah, karena bela diri tertua di Cina ini pertama kali dikembangkan pada Kuil Budha Shaolin di Provinsi Henan.

Kebanyakan ahli bela diri shaolin berkepala plontos. Soal latihan fisik, Shaloin bisa dikatakan cukup berat. Aktor Jet Li pun ternyata cukup mahir dalam olahraga bela diri shaolin.

3 Jenis Olahraga Wushu yang Ada di Dunia sudah terjawab , mana yang paling Anda sukai?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini