Share

Manfaat Olahraga Muay Thai untuk Kesehatan Tubuh

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 21 Februari 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 43 2550624 manfaat-olahraga-muay-thai-untuk-kesehatan-tubuh-OWcacMHWOE.jpg Berikut empat manfaat olahraga muay thai untuk kesehatan (Foto: Reuters)

MANFAAT olahraga muay thai untuk kesehatan tubuh akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, olahraga ini berasal dari Thailand. Seni bela diri satu ini biasanya mengandalkan pukulan, tendangan, dan juga kuncian.

Sekilas, muay thai hampir serupa dengan kickboxing. Hanya saja, kickboxing menggunakan tangan dan kaki, sedangkan muay thai memperbolehkan serangan menggunakan siku dan lutut.

Manfaat Olahraga Muay Thai

(Pertarungan muay thai, foto: Reuters)

Biasanya, para petarung muay thai memiliki berat badan ideal. Pasalnya, olahraga ini tergolong olahraga dengan intensitas tinggi sehingga efektif untuk membakar kalori. Jumlah kalori yang dapat dibakar saat melakukan olahraga ini sekitar 350–500 kalori per jam.

Jika dilakukan secara rutin, ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh. Lantas, apa saja manfaat seni bela diri ini untuk tubuh? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Olahraga intensitas tinggi, seperti Muay Thai, dapat melancarkan aliran darah dan merangsang untuk memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, muay thai adalah salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Menguatkan Otot dan Menjaga Keseimbangan

Gerakan-gerakan dalam olahraga asal Thailand ini dapat menguatkan otot tubuh bagian atas dan bawah. Selain itu, kecepatan gerakan dalam seni bela diri ini juga dapat meningkatkan kelenturan, keseimbangan, refleks, dan koordinasi tubuh.

Manfaat Olahraga Muay Thai

(Pertarungan muay thai, foto: Instagram/@rodtang_jimungnon)

2. Menjaga Kesehatan Mental

Gerakan memukul dan menendang dalam muay thai, sangat efektif untuk melepas stres dan frustrasi. Selain itu, olahraga ini juga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan bahkan meredakan nyeri, stres, serta rasa cemas.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seperti olahraga pada umumnya, setelah berolahraga, tubuh akan terasa lelah. Tetapi, Anda bisa menjadi rileks sehingga lebih mudah mengantuk. Kondisi ini memudahkan Anda untuk tidur nyenak dan berkualtias, terutama bagi Anda yang mengalami gangguan tidur.

Demikianlah manfaat muay thai yang bisa Anda dapat jika menggeluti olahraga ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini