Share

Hasil Final Australia Open 2022: Susah Payah Kalahkan Daniil Medvedev, Rafael Nadal Sukses Rebut Grand Slam Ke-21

Cikal Bintang, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 40 2540183 hasil-final-australia-open-2022-susah-payah-kalahkan-daniil-medvedev-rafael-nadal-sukses-rebut-grand-slam-ke-21-Zj3Geg8Ecn.JPG Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal juara Australia Open 2022. (Foto: Reuters)

MELBOURNE – Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal berhasil menjadi juara tunggal putra Australia Open 2022 usai susah payah mengalahkan Daniil Medevedev (Rusia) di final yang berakhir pada Minggu (30/1/2022) malam WIB. Dalam laga yang berlangsung selama lima set (2-6, 6-7 tie break 5-7, 6-4, 6-4, dan 7-5) itu, Nadal sukses meraih gelar Grand Slam ke-21.

Jalannya Pertandingan

Rafael Nadal mengawali pertandingan di set pertama dengan cukup apik. Petenis asal Spanyol itu langsung mengungguli Medvedev lewat skema raihan poin di servis pertama.

Namun, Medvedev tentu bukan petenis yang bisa ditaklukkan begitu saja. Petenis asal Rusia itu akhirnya menunjukkan kelasnnya di pertengahan pertandingan set pertama.

Medvedev yang bermain efektif mampu merepotkan Nadal. Enam pukulan ace-nya sukses mendulang poin. Akhirnya, Medvedev mampu menyudahi perlawanan Nadal dengan skor akhir set 6-2.

Pada set kedua, Nadal nampaknya belajar dari kesalahan di set pertama. Nadal mengawali pertandingan dengan baik dan unggul. Meski Medvedev sempat mengancam di setengah jalan, Nadal bertahan sangat baik.

Namun, situasi itu tak berlangsung lama setelah Medvedev tampil konsisten di akhir pertandingan set kedua. Petenis ranking dua dunia itu berhasil meredam Nadal dan memenangkan set kedua dengan skor 7-6 tie break 7-5.

Pada set ketiga, Nadal yang sedaritadi mengalah akhirnya menunjukkan kualitasnya sebagai pemegang 20 gelar Grand Slam. Ia tampil trengginas dan sukses membuat Medvedev kewalahan menghadapi permainannya.

Alhasil, kemenangan akhirnya berhasil dikantungi oleh Nadal dengan skor 6-4. Pada set keempat, Nadal kembali tampil menggila dan unggul jauh dari Medvedev. Stamina nampaknya menjadi kunci dalam duel itu.

Tak mau menyerah, kegigihan Nadal menjaga konsistensi berbuah manis. Akhirnya, Nadal berhasil menaklukkan Medvedev di set keempat dengan skor 6-4. Hasil ini memaksa Medvedev kembali adu pukul di set penentuan.

Daniil Medvedev

Pada set penentuan, Nadal sempat tertinggal lantaran Medvedev sukses mendulang banyak poin lewat pukulan ace-nya. Namun begitu, Nadal yang sudah berusia 35 tahun itu belum mau menyerah meski sudah bermain hampir lima jam.

Namun begitu, Nadal dan konsistensinya berhasil menyudahi perlawanan Medvedev. Skor akhir 7-5 selesai untuk kemenangan Nadal atas Medvedev di final Australia Open 2022.

Dengan hasil itu, Nadal resmi mengalahkan kedua rival utamanya, Roger Federer (Swiss) dan Novak Djokovic (Serbia) karena menjadi petenis pertama yang mampu merebut 21 gelar grand slam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini