Share

Motor RC16 Kian Cepat, KTM Incar Posisi 3 Besar di MotoGP 2022

Rio Eristiawan, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 38 2539095 motor-rc16-kian-cepat-ktm-incar-posisi-3-besar-di-motogp-2022-p1jXZx6DBN.jpg Pembalap Tim KTM Red Bull, Brad Binder. (Foto: Instagram/bradbinder)

MUNDERFING - Perkembangan motor RC16 dalam beberapa tahun terakhir berhasil membuat para pembalap KTM semakin moncer di MotoGP. Terbukti dengan berhasilnua rider KTM Red Bull, Brad Binder finis di peringkat keenam di MotoGP 2021.

Dengan berdasarkan hal itu, Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer pun mengincar hal yang jauh lebih tinggi di MotoGP 2022. Bos KTM itu tepatnya mau Brad Binder dan rekan setimnya, Miguel Oliveira bisa mengincar peringkat tiga besar di MotoGP 2022.

Kini KTM tampaknya memang menjadi penantang serius bagi Honda, Yamaha dan Ducati untuk menjadi juara dunia motoGP 2022. Pabrikan asal Austria itu bahkan menunjuk Francesco Guidotti untuk menjadi manajer baru mereka.

Sementra musim lalu, dua pembalap mereka yakni Brad Binder berhasil menempati posisi keenam dengan satu kemenangan dan satu podium. Sedangkan Miguel Oliveira menempati posisi ke-14 dengan satu kemenangan dan tiga podium.

Miguel Oliveira bersama Brad Binder (Twitter/KTM_Racing)

Melihat keberhasilan Binder di musim lalu, Beirer mengakui musim luar biasa untuk KTM. Bahkan gelar juara Pedro Acosta di Moto3 dan Remy Gardner di Moto2 membuat KTM menaruh target tinggi di MotoGP untuk berada di posisi ketiga di akhir klasemen.

“Tahun 2021 adalah musim motorsport tersukses dalam sejarah Pierer Mobility AG,” kata Beirer dilansir dari Speedweek, Jumat (28/1/2022).

“Kami memenangkan Kejuaraan Dunia Moto3 dan Moto2 dalam olahraga GP dan finis keenam di Kejuaraan Dunia Pembalap MotoGP bersama Brad Binder. Itu sangat memotivasi kami untuk semua tugas di masa depan,” tambah Beirer.

Lebih lanjut, Beirer mengatakan KTM telah memulai proyek MotoGP dan ingin memenangkan kejuaraan. Bahkan mereka ingin selalu menang di setiap balapan untuk tetap berada di posisi lima besar di akhir klasemen.

“Ketika Anda memulai proyek MotoGP, suatu hari Anda ingin memenangkan perlombaan,” sambung Beirer.

"Kami telah mencapai tujuan ini. Tapi kami juga belajar bahwa Anda menang pada suatu akhir pekan dan Anda harus berjuang pada akhir pekan berikutnya untuk masuk ke Q2 dari 12 pembalap teratas. Semuanya begitu dekat,” lanjutnya.

“Tujuan kami sekarang adalah untuk secara konsisten berada di depan setiap akhir pekan. Kami ingin secara konsisten berada di 5 besar dan berjuang untuk 3 besar di tabel Kejuaraan Dunia," sambungnya.

Brad Binder

Meski demikian, Beier menjelaskan bukan hanya timnya yang ingin selalu meraih kemenangan di setiap balapan. Namun Beirer menjelaskan KTM adalah tim yang tepat karena memiliki motor, manajer dan pembalap bagus.

"Saya sadar bahwa tujuan kami ambisius, karena pabrikan lain juga memiliki ide yang ambisius. Tapi kami dalam posisi yang kuat. Kami memiliki tim yang tepat, dasar teknis, motor yang tepat, dan kami memiliki pembalap yang tepat," tambahnya.

KTM pun baru memamerkan livery ternyat mereka untuk MotoGP 2022 pada Kamis 27 Januari 2022. Namun, livery untuk 2022 terlihat tak berbeda jauh dari apa yang digunakan KTM Red Bull di MotoGP 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini