Share

MotoGP Indonesia 2022 di Depan Mata, Sirkuit Mandalika Terus Berbenah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 38 2535901 motogp-indonesia-2022-di-depan-mata-sirkuit-mandalika-terus-berbenah-4PcMc3ZNTE.jpg Sirkuit Mandalika terus berbenah jelang bergulirnya MotoGP Indonesia 2022 (Foto: Istimewa)

MOTOGP Indonesia 2022 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada18-20 Maret mendatang. Demi kelancaran ajang besar ini, Sirkuit Mandalika pun terus berbenah.

Seperti diketahui, MotoGP Indonesia 2022 diprediksi akan menarik hingga 100 ribu pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, mengatakan MotoGP merupakan etalase Indonesia di ranah industri olahraga. Karena penggemar MotoGP sangat banyak, dibutuhkan persiapan yang matang agar mereka terkesan.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

"MotoGP etalase Indonesia di sport industry. Penggemar MotoGP juga banyak banget di seluruh dunia, mulai dari warga sipil hingga selebriti," kata Johnny dalam pertemuan daring, Jumat (21/1/2022).

BACA JUGA: Soal Aturan Karantina untuk MotoGP Indonesia 2022, Begini Penjelasan Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Namon, akomodasi di Lombok per Desember 2021 hanya sekitar 23 ribu unit saja. Oleh sebab itu, pemerintah berusaha memenuhi fasilitas bagi para pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Kira-kira, sudah sejauh apa kesiapan Sirkuit Mandalika?

Fasilitas Hunian

Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta), yang dibangun oleh Kementerian PUPR, sudah sekitar 300 unit dan sedang dalam proses sertifikasi CHSE. Selain itu, Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan mitra penginapan serta brand pakaian untuk memfasilitasi penyediaan glamping, toilet, restoran, dll.

Kemenparekraf juga telah memberikan alternatif untuk menginap di Bali. Hingga sekarang, ini masih dalam tahap perencanaan untuk menghadirkan paket bundling (hotel dan shuttle flight Bali-Mandalika). Selain di Bali, tersedia juga opsi menginap di kapal Pelni. Hal ini akan dikoordinasikan bersama Kementerian Perhubungan.

Selain hotel, homestay, dan kapal pelni, tersedia juga alternatif akomodasi di kabin, campervan, kapal pinisi, kapal pesiar, glamping, dan hotel terapung baik di Bali ataupun Lombok.

Fasilitas Kesehatan

Saat ini, tingkat vaksinasi di Lombok Tengah telah mencapai 70,93 persen untuk dosis pertama dan 61 persen untuk dosis kedua. Untuk mewujudkan herd immunity, vaksin keliling diadakan sejak 11-22 Januari 2022 bagi para pelaku parekraf, masyarakat umum, dan anak-anak usia 6-11 tahun. Tujuannya adalah untuk mendorong kebangkitan sektor kesehatan dan ekonomi setempat agar ajang MotoGP dapat diselenggarakan dengan maksimal.

Sirkuit Mandalika (Foto: WSBK)

Tiket MotoGP

Tiket MotoGP terbagi dalam beberapa kelas, seperti:

General Admission: Pemegang tiket dapat masuk ke area sirkuit untuk menyaksikan balapan dari layar besar dan menyaksikan konten di dalam area komersial, namun tidak mendapat bangku di tribun.

Standard Grand Stand: Pemegang tiket dibagi ke enam titik lokasi duduk yaitu tribun Zona C di Tikungan 1, Zona D di Tikungan 3, Zona E di Tikungan 6, Zona F di Tikungan 8, Zona G di Tikungan 12, Zona H di Tikungan 13, dan Zona I di Tikungan 14.

Premium Gran Stand: Pemegang tiket dibagi menjadi 4 titik yaitu Zona A pada area start dan finish, Zona B di Tikungan 1, Zona J di Tikungan 15, dan Zona K di Tikungan 16.

VIP Hospitality Suites kategori Premier Class: Pemegang tiket memiliki akses menonton dari lantai 2 Pit Building dan berinteraksi dengan pembalap.

VIP Hospitality Suites kategori Deluxe Class: Pemegang tiket bisa masuk ke VIP Village yang berdekatan dengan paddock.

Kesiapan SDM

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, bahwa masyarakat Mandalika belum terbiasa menangani event besar seperti ini sehingga pemerintah pun mengambil SDM dari Jakarta dan Bali yang sudah terlatih dalam bidang hospitality dalam skala besar.

Ini juga merupakan hal yang baik untuk mentransfer ilmu ke masyarakat setempat. Dari sisi medis, pihaknya juga akan mengirimkan tenaga kesehatan yang biasa bertugas di Wisma Atlet.

"Kita mengirim SDM dari Jakarta dan Bali, mereka bisa transfer skill. Bagaimana menyambut pengunjung dari mulai pemeriksaan e-HAC, imigrasi, dan pick up zone. Karena kita mau buat pengunjung terkesan, termasuk satgas untuk travel bubble kita ambil juga dari Wisma Atlet," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini