Share

Media Otomotif Ternama Asal Jerman Ragu dengan Persiapan Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 38 2525425 media-otomotif-ternama-asal-jerman-ragu-dengan-persiapan-sirkuit-mandalika-gelar-motogp-kczvOoZ2JY.jpg Salah satu tikungan Sirkuit Mandalika. (Foto/Instagram Sirkuit Mandalika)

MUNICH - Sirkuit Mandalika masuk kalender MotoGP untuk musim 2022. Namun, media otomotif ternama asal Jerman, SpeedWeek menaruh keraguan dengan persiapan sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut.

Lintasan berjarak 4,3 km itu telah menyelenggarakan ajang pertamanya. Yaitu World Superbike (WSBK) Indonesia 2021 yang, merupakan seri terakhir dari ajang balap tersebut.

Foto/Instagram

Hanya saja, media asal Jerman, SpeedWeek, mengamati ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal itu mengingat kondisi pandemi yang hingga saat ini cenderung mengalami peningkatan.

Baca juga: Jonathan Rea Sangat Ingin Tunggangi Motor MotoGP Kawasaki

Pada WSBK Indonesia 2021 saja, pihak Dorna harus bernegosiasi agar anggota tim peserta bisa datang. Pasalnya, pemerintah Indonesia memang tak memberikan visa untuk semua negara selama pandemi.

Baca juga: Marc Marquez Ukir Karier Mentereng di MotoGP, Ini Rahasia Suksesnya

Sementara beberapa anggota tim sempat kesulitan mendapat visa. Bahkan, ada beberapa anggota tim yang baru bisa datang ketika akhir pekan balap berjalan. Hal itu dikhawatirkan bakal terjadi di MotoGP.

Tidak hanya itu, seluruh tim mengalami kesulitan sebelum dapat menuju ke Sirkuit Mandalika. Mereka harus menjalani protokol kesehatan yang begitu panjang, sebelum bisa berangkat.

Dari segi teknis, lintasannya juga wajib diperbaiki. Pasalnya, homologasi lintasan ini rupanya masih belum sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pihak MotoGP.

Foto/WSBK

Berdasarkan kalender balap yang diterbitkan Dorna, Sirkuit Mandalika masih harus menjalani homologasi ulang sebelum bisa menggelar MotoGP. Tetapi, lintasan ini sudah dapat mengadakan WSBK.

Tersiar kabar jika Sirkuit Mandalika memang baru menerima homologasi Grade B. Padahal, untuk menggelar balapan MotoGP, dibutuhkan lintasan dengan homologasi Grade A. Hal itu membuat lintasan ini harus segera berbenah sebelum MotoGP datang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini