Share

Marc Marquez Ukir Karier Mentereng di MotoGP, Ini Rahasia Suksesnya

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 38 2525288 marc-marquez-ukir-karier-mentereng-di-motogp-ini-rahasia-suksesnya-ScqUnLQcos.jpg Marc Marquez kala mentas di MotoGP. (Foto: MotoGP)

CERVERA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, jadi salah satu pembalap yang sukses menorehkan karier apik di MotoGP. Marquez pun tanpa ragu mengungkapkan rahasia kesuksesannya tersebut.

Sebagaimana diketahui, The Baby Alien –julukan Marquez- telah membuat kejutan setelah naik ke kelas MotoGP pada 2013. Pada musim perdananya di kelas utama, dia langsung menjadi juara sekaligus mencatatkan sejarah sebagai pembalap termuda yang pernah menjuarai MotoGP.

Marc Marquez

Setelah itu, pembalap asal Spanyol tersebut sukses menyabet lima gelar juara dunia tambahan hingga 2019. Dia hanya gagal menjadi juara pada musim 2015, di mana Jorge Lorenzo keluar sebagai yang terbaik.

Memiliki karier cemerlang, Marquez tentu mempunyai rahasia sukses. Dia pun mengungkapkannya baru-baru ini ketika memberi saran kepada bintang muda American Supercross, Jett Lawrence.

BACA JUGA: Meski Belum Fit 100 Persen, Repsol Honda Tak Perlu Cari Pengganti Marc Marquez

Menurut pembalap berusia 28 tahun itu, ketika menjadi juara, seorang pembalap harus berusaha lebih keras lagi pada musim berikutnya. Pasalnya, para pembalap lain akan memiliki motivasi untuk mengalahkannya.

BACA JUGA: Tim Balap Valentino Rossi Gandeng Sponsor Asal Italia, Tak Jadi Aramco

Selain itu, Marquez menambahkan bahwa sangat penting untuk tidak merasa jemawa ketika memenangkan sebuah balapan. Hal ini penting diterapkan dalam diri, apalagi di usia yang masih muda.

“Untuk memenangkan gelar lagi, Anda harus terus bekerja dengan cara yang sama atau bahkan lebih. Karena yang lain sekarang ingin mengalahkanmu,” kata Marquez dilansir dari Tuttomotoriweb, Jumat (31/12/2021).

“Penting untuk disadari bahwa Anda tidak akan memenangkan semua balapan. Jika Anda menang pada usia 18 atau 17 Anda merasa seperti, 'Wow, sekarang saya akan memenangkan semuanya.' Anda harus sadar tidak mungkin bisa menang setiap pekan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, juara delapan kali itu juga memberi masukan kepada Lawrence soal bagaimana menghadapi situasi sulit. Menurutnya, cara yang paling tepat adalah meninggalkan semua media sosial.

Marc Marquez

"Saran terbaik adalah mungkin untuk sepenuhnya melupakan jejaring sosial ketika semua hal sedang dalam situasi sulit atau saat mengalami akhir pekan (balapan) yang sulit,” jelas pembalap kelahiran Cervera itu.

Saat ini, Marquez sendiri tengah mengalami masa-masa sulit dalam kariernya. Ketika cedera lengannya belum pulih sepenuhnya, dia mengalami gangguan penglihatan yang membuatnya terancam absen pada awal musim MotoGP 2022. Dia bahkan sempat dikabarkan terancam pensiun dini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini