Share

Ucapan Valentino Rossi soal Indonesia: Pembalap Tanah Air Disebut Nekat hingga Ngebet Balapan di Sirkuit Mandalika

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 38 2524548 ucapan-valentino-rossi-soal-indonesia-pembalap-tanah-air-disebut-nekat-hingga-ngebet-balapan-di-sirkuit-mandalika-8zivOfJPdT.jpg Valentino Rossi mengomentari karakter para pembalap Indonesia dan menyatakan niatnya untuk balapan di Sirkuit Mandalika (Foto: MotoGP)

KARIER Valentino Rossi di dunia balap profesional terbentang dari 1996 hingga 2021. Berbagai momen telah dilewati Rossi saat mengaspal di kelas 125cc (1996-1997), 250cc (1998-1999) hingga MotoGP (2000-2021).

The Doctor bahkan pernah satu panggung dengan beberapa pembalap Tanah Air, seperti Rudi Arianto, Irvan Octavianus, Nasrul Arif, Ahmad Jayadi dan Petrus Canisius. Itu terjadi saat Rossi berkiprah di kelas 125cc.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Rossi pun pernah membalap di Sirkuit Sentul, Bogor, Indonesia, saat mentas di kelas 125cc. Dari dua balapan di Sirkuit Sentul pada 1996 dan 1997, dia hanya bersaing dengan satu pembalap Indonesia, yakni Ahmad Jayadi.

Pengalaman satu lintasan dengan para pembalap Indonesia cukup diingat oleh Rossi. Dia bahkan menyebut para pembalap Indonesia amat berani, terutama di lintasan basah. Menurutnya, keberanian para pembalap Indonesia setara dengan pembalap-pembalap Jepang dan Inggris.

BACA JUGA: 5 Bukti Kecintaan Valentino Rossi kepada Indonesia, Nomor 1 Dukung Terselenggaranya Balapan MotoGP di Tanah Air

โ€œSetelah balapan bertahun-tahun, saya harus berhati-hati. Terutama di Moto3 dan Moto2, pembalapnya jauh lebih gila,โ€ ujar Rossi, mengutip dari GP One.

โ€œJika ditanya pembalap mana yang paling berani, saya nilai Jepang, Indonesia dan juga Inggris terutama di lintasan basah,โ€ lanjut pembalap berpaspor Italia tersebut.

Sementara itu, Rossi juga punya keinginan untuk mengaspal di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pengalamannya balapan di Sirkuit Sentul membuat Rossi ingin mencoba Sirkuit Mandalika yang merupakan trek baru.

Follow Berita Okezone di Google News

"Saya balapan di Indonesia, di Sentul, di kelas 125cc dan saya menang. Saya rasa itu (terjadi) pada tahun 1997. Setelah itu saya sering ke Indonesia karena ada kerja sama dengan Yamaha," kata Rossi, dikutip dari laman resmi MotoGP.

"Gairah MotoGP di Indonesia luar biasa. Bahkan, fans kadang sulit untuk dikontrol. Saya sangat senang bisa akan berada di sana karena kami akan sangat kencang dan sirkuit akan sangat menarik,โ€ ujarnya.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

โ€œItu (Sirkuit Mandalika) dibuat baru dari nol dan saya lihat denahnya akan dekat laut. Proyek yang baru dan saya berharap bisa datang," tutur Rossi.

Sayang, Rossi tidak bisa merasakan Sirkuit Mandalika sebagai pembalap. Sebab, dia telah gantung helm pada akhir musim MotoGP 2021. Meski begitu, The Doctor mungkin datang ke Sirkuit Mandalika saat MotoGP Indonesia 2020 berlangsung pada 18 hingga 20 Maret tahun depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini