Share

Demi Kelancaran MotoGP Indonesia 2022, Menkominfo Ingatkan untuk Tidak Sebar Hoax

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 38 2523240 demi-kelancaran-motogp-indonesia-2022-menkominfo-ingatkan-untuk-tidak-sebar-hoax-DvfPlWjZu7.jpg Menkominfo Johnny G. Plate bahas soal persiapan komunikasi saat MotoGP Indonesia 2022. (Foto: Ilham Sigit/MPI)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, berharap gelaran MotoGP Indonesia 2022 dapat berjalan lancar tanpa ada isu-isu yang tidak benar yang dapat menganggu kesuksesan ajang balapan tersebut. Untuk itulah ia mau untuk tidak ada hoax selama MotoGP Indonesia 2022 berlangsung dan harapannya hanya akan ada informasi-informasi yang bermanfaat saja.

Johnny mengadakan rapat dengan Marsekal TNI (Purn) Hadi Thahjanto untuk mendiskusikan persiapan penggelaran MotoGP Mandalika di sektor komunikasi dan informatika. Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika yang bertempat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dijadikan salah satu venue untuk dihelatnya MotoGP musim 2022.

Baca Juga: Sambut Balapan di Sirkuit Mandalika, MGPA Segera Rilis Harga Tiket MotoGP Indonesia 2022

Sirkuit Mandalika (WSBK)

Rapat tersebut menyepakati beberapa hal termasuk pencegahan penyebaran hoax atau berita bohong. Johnny memastikan bahwa pihaknya akan memberantas aksi-aksi penyebaran hoax oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami juga mendiskusikan mengenai bagaimana menjaga ruang digital yang sehat. Termasuk harapannya jangan sampai MotoGP diisi dengan hoax-hoax," kata Johnny kepada awak media, Senin (27/12/2021).

"Marilah kita isi MotoGP ini dengan informasi yang bermanfaat untuk menggerakan generasi muda untuk turut aktif terlibat dalam gelaran ini, apalagi MotoGP ini termasuk kegemaran generasi muda," sambungnya.

Musim MotoGP 2022 akan dimulai pada 6 Maret 2022 di Sirkuit Losail Qatar, dilanjutkan dengan Sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022 dan Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina sebagai tiga seri awal. Sementara tes resmi untuk MotoGP Mandalika akan digelar pada 11 hingga 13 Februari 2022.

 Menkominfo Johnny saat bahas MotoGP Indonesia 2022

Tes resmi yang diadakan pada Februari mendatang juga akan dijadikan sebagai tahap uji coba kelayakan telekomunikasi dan informasi MotoGP Mandalika 2022. Dalam prakteknya, Kemenkominfo juga akan bekerja sama dengan beberapa operator untuk menyediakan 5G experience.

Tentunya diharapkan semuanya berjalan lancar tanpa ada hambatan seperti yang pernah terjadi di ajang Asia Talent Cup 2021 yang digelar di Sirkuit Mandalika pada November 2021 yang lalu. Pada saat itu, balapan ditunda karena Sirkuit Mandalika kekurangan marshal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini