Share

Lee Chong Wei Analisis Keberhasilan Loh Kean Yew Jadi Jawara Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 40 2521203 lee-chong-wei-analisis-keberhasilan-loh-kean-yew-jadi-jawara-kejuaraan-dunia-bulu-tangkis-2021-eBXO3cGOWr.jpg Loh Kean Yew jawara Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. (Foto/Reuters)

KUALA LUMPUR – Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew berhasil menjadi jawara Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Menyikapi hasil itu, legenda tepok bulu Malaysia, Lee Chong Wei, mengungkapkan rahasia sang kampiun.

Seperti diketahui, Loh merupakan pebulu tangkis pertama asal Singapura yang menjadi juara di ajang itu. Loh terhitung tampil impresif sejak babak 64 besar Kejuaraan Dunia 2021.

Foto/Reuters

Saat itu, pebulu tangkis berusia 24 tahun itu berhasil memulangkan unggulan kedua, Viktor Axelsen. Loh mengalahkan atlet asal Denmark itu dalam pertarungan tiga gim (14-21, 21-9 dan 21-6).

Baca juga: Cuma Runner-Up Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021, Yuta Watanabe Sudah Puas

Langkahnya semakin mulus ketika Luka Wraber (Austria) undur diri saat akan berhadapan dengan Loh di babak 32 besar. Beralih ke babak 16 besar, Loh kembali tampil mengerikan usai mengalahkan wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen dalam dua gim langsung (21-4 dan 21-7).

Baca juga: Jadi Juara Dunia Bulu Tangkis Pertama dari Singapura, Loh Kean Yew: Ini Mimpi Terliar Saya

Pada babak delapan besar dan semifinal, langkah Loh semakin meyakinkan usai meumbangkan Prannoy H.S (India) di perempatfinal, dan Anders Antonsen (Denmark) di semifinal. Puncaknya, ia tampil mengerikan saat berhadapan dengan wakil India, Srikanth Kidambi di final dan memenangkan pertandingan dalam dua gim (21-15 dan 22-20).

Rekam jejak Loh di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 membuat Lee Chong Wei Terpukau. Menurutnya, Loh adalah salah satu pebulu tangkis tunggal putra yang harus dikalahkan saat ini.

“Dia (Loh Kean Yew) jelas merupakan pemain yang harus dikalahkan saat ini,” kata Lee dilansir dari laman resmi BWF, Rabu (22/12/2021).

Foto/Reuters

Lebih lanjut, mantan pebulu tangkis ranking satu dunia itu mengatakan Loh merupakan paket lengkap di sektor tunggal putra. Menurutnya, Loh bisa meladeni permainan dengan intensitas waktu pendek maupun panjang.

“Kepercayaan diri yang tinggi, membuat sedikit kesalahan, sabar dan memiliki daya tahan untuk bermain dalam pertandingan panjang dengan intensitas yang sama,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini