Share

5 Pebulu Tangkis Asia Tenggara yang Bisa Ikuti Loh Kean Yew Jadi Juara Dunia, Nomor 1 dari Indonesia

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 40 2520078 5-pebulu-tangkis-asia-tenggara-yang-bisa-ikuti-loh-kean-yew-jadi-juara-dunia-nomor-1-dari-indonesia-T72a3P4kTN.jpg Loh Kean Yew jadi kampiun di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. (Foto: Reuters)

PEBULU tangkis tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, sukses menorehkkaan prestasi manis dengan menjadi juara dunia 2021. Kesukesan Loh Kean Yew di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 pun diyakini bisa diikuti sejumlah pebulu tangkis di Asia Tenggara.

Ya, Loh Kean Yew naik podium pertama di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 usai mengalahkan wakil India, Kidambi Srikanth, di partai puncak. Pemain berusia 24 tahun itu mampu menang dua gim langsung atas lawannya yang berstatus sebagai unggulan ke-12 itu dengan skor 21-15 dan 22-20.

Loh Kean Yew

Kesuksesan ini membuat Loh Kean Yew menorehkan sejarah baru dalam dunia bulu tangkis. Dia menjadi wakil pertama Singapura yang menjadi juara dunia. Di Asia Tenggara, dia juga membawa Singapura menjadi negara ketiga yang menjadi juara dunia, setelah Thailand dan juga Indonesia.

BACA JUGA: 3 Pemain Bulu Tangkis Tunggal Putra yang Diorbitkan Mulyo Handoyo, Nomor 1 Juara Dunia 2021

Torehan manis Loh Kean Yew pun berpeluang diikuti sejumlah pebulu tangkis di Asia Tenggara. Siapa saja? Berikut 5 pebulu tangkis Asia Tenggara yang bisa ikuti Loh Kean Yew jadi juara dunia.

BACA JUGA: Kampiun, Loh Kean Yew Bawa Singapura Jadi Negara Ketiga di Asia Tenggara yang Juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

5. Kunlavut Vitidsarn

Di urutan kelima, ada nama Kunlavut Vitidsarn. Pebulu tangkis asal Thailand ini juga berpeluang merebut gelar juara dunia di masa depan.

Kunlavut Vitidsarn

Pasalnya, kinerja apik terus ditunjukkan Kunlavut Vitidsarn. Di usianya yang baru 20 tahun, dia bisa membuktikan diri bisa bersaing dengan nama-nama top, seperti Anthony Sinisuka Ginting dan lainnya. Tak ayal, perjalanannya bisa berlanjut jauh ke semifinal hingga mencapai final.

Kunlavut sendiri memang sudah bersinar sejak masih di kelas junior. Dia bahkan meraih hattrick juara dunia junior. Hal inilah yang membuatnya dipercaya bisa mengikuti jejak Loh Kean Yew.

4. Jonatan Christie

Berikutnya, ada nama Jonatan Christie. Kinerja pebulu tangkis tunggal putra yang satu ini memang masih inkonsisten. Namun, Jonatan tetap punya kans menyabet gelar juara dunia.

Jonatan Christie. Foto: Bagas Abdiel/MNC Portal Indonesia

Sebab, salah satu pebulu tangkis kebanggaan Indonesia ini terbukti punya kualitas apik dalam dunia bulu tangkis hingga menyabet sejumlah gelar juara bergengsi. Salah satunya adalah Asian Games 2018.

3. Lee Zii Jia

Beralih ke Negeri Jiran -julukan Malaysia, ada Lee Zii Jia. Pebulu tangkis yang satu ini juga terus menunjukkan peningkatan dalam permaiananya. Tahun ini, Lee Zii Jian bahkan sukses menyabet gelar juara All England.

Lee ZIi Jia

Di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021, Lee Zii Jia pun tampil tak kalah trengginas. Dia sukses melangkahkan kaki ke babak perempatfinal.

Namun sayang, harapan untuk meraih medali harus pupus karena dirinya didera cedera sehingga harus mundur kala melawan Viktor Axelsen (Denmark). Meski begitu, Lee Zii Jia bisa jadi penantang para pebulu tangkis untuk menyabet gelar juara dunia di edisi lainnya,

2. Kantaphon Wangcharoen

Kembali ke Thailand, selain Kunlavut, ada nama Kantaphon Wangcharoen. Namanya juga berpeluang mengikuti jejak Loh Kean Yew menjadi juara dunia lain dari Asia Tenggara.

Kantaphon Wangcharoen

Sebab, Kantaphon Wangcharoen sendiri sudah berhaasil membuktikan diri bisa bersaing kala mentas di berbagai ajang bergengsi, termasuk Kejuaraan Dunia. Pada edisi 2019, dia sukses menggondol medali, meski hanya berupa perunggu. Namun, pencapaian itu bisa menjadi modal ke ajang berikutnya.

1. Anthony Sinisuka Ginting

Terakhir, ada jagoan Indonesia di sektor tunggal putra saat ini, Anthony Sinisuka Ginting. Penampilan Ginting selalu sukses mencuri perhatian di banyak laga. Bahkan, pertemuannya dengan pebulu tangkis top dunia, utamanya Kento Momota, selalu dinantikan publik karena memang sukses menghadirkan persaingan sengit.

Anthony Sinisuka Ginting

Kondisi ini tentunya membuktikan bahwa Ginting punya kualitas apik sehingga bisa mengantarnya menjadi juara di berbagai ajang, termasuk Kejuaraan Dunia. Sayang, di tahun ini, Anthony harus memupus harapan menjadi juara dunia karena PBSI memutuskan menarik semua pemain Indonesia dari ajang tersebut, imbas merebaknya virus Covid-19 varian omicron.

Meski begitu, Anthony bisa membayarnya di edisi lain. Apalagi, dia sudah membuktikan diri mampu merebut medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini