Share

Tampil di Olimpiade Tokyo 2020, Pebulu Tangkis Kelahiran Indonesia Ini Juga Turun di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 40 2516601 tampil-di-olimpiade-tokyo-2020-pebulu-tangkis-kelahiran-indonesia-ini-juga-turun-di-kejuaraan-dunia-bulu-tangkis-2021-yhtKNEVtSI.jpg Ade Resky Dwicahyo, pebulu tangkis kelahiran Indonesia yang turun di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. (Foto: PBSI)

TERNYATA bukan hanya Dejan Ferdinansyah/Serena Kani, pebulu tangkis kelahiran Indonesia yang turun di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Ada juga nama lain, yakni Ade Resky Dwicahyo yang lahir di Indonesia dan mentas di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis yang dilangsungkan di Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember 2021.

Sekadar informasi, Tim Bulu Tangkis Indonesia memutuskan mundur dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 untuk pertama kali dalam sejarah. Keputusan ini merupakan hasil kesepakatan pelatih, pemain, dan ofisial untuk berupaya menghindari Virus Covid-19 varian Omicron.

Ade Resky

(Ade Resky saat masih membela panji Indonesia)

Sebanyak 13 pemain Pelatnas PBSI akhirnya absen dari ajang tersebut. Namun Dejan/Serena selaku atlet non-pelatnas tetap diberangkatkan klubnya, PB Djarum. Ternyata Dejan/Serena bukan satu-satunya pemain Indonesia. Ya di ajang ini juga ada nama di sektor tunggal putra yakni Ade Resky.

Pemain ini merupakan kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun, di saat usianya menginjak 19 tahun ia memilih berganti kewarganegaraan menjadi warga negara Azerbaijan.

Keputusan Ade Resky memilih berganti kewarganegaraan ini ditengarai karena keinginannya tampil di Olimpiade. Ia merasa persaingan ketat di bulu tangkis Indonesia tak memungkinkan untuk mewujudkan cita-citanya itu.

BACA JUGA: Hasil Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021: Viktor Axelsen Gugur, Dejan Ferdinansyah/Serena Kani Tanpa Hambatan

Benar saja, Ade Resky berhasil membela Azerbaijan di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, ia harus tersingkir di Grup L usai dikalahkan pebulu tangkis andalan Denmark, Anders Antonsen.

Kini, Ade Resky tampil di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 dan menembus ke babak 32 besar. Sebelumnya di babak pertama, ia menang melawan pebulu tangkis Turki, Emre Lale, dengan skor 21-15 dan 21-16.

Di babak 32 besar, ia akan bertemu tunggal putra Hong Kong, Lee Cheuk Yiu. Seandainya ia menang di laga ini, Ade Resky kemungkinan melawan Anders Antonsen lagi di babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021.

Bagaimana dengan Dejan/Serena? Mereka juga berhasil melaju ke babak 32 besar dan akan melawan pasangan Jerman Mark Lamfuss/Isabel Lohau. Di ronde pertama, mereka berhasil mengalahkan pasangan Irlandia Paul Reynolds/Rachael Darragh dengan skor 21-14 dan 21-16.

Dejan dan Serena

(Dejan/Serena satu-satunya wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021)

Tentu harapannya hasil maksimal berhasil ditunjukkan nama-nama di atas. Hal itu sebagai pengobat rindu kegagalan wakil utama Indonesia mentas di ajang bulu tangkis paling bergengsi nomor individu tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini