Share

4 Atlet Naturalisasi yang Pilih Jadi Mualaf, Nomor 2 Sahabat Raffi Ahmad

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 43 2515319 4-atlet-naturalisasi-yang-pilih-jadi-mualaf-nomor-2-sahabat-raffi-ahmad-MH4ms1shUZ.jpg Esteban Vizcarra (kanan), salah satu atlet naturalisasi yang pilih jadi mualaf. (Foto: Instagram/@este_vizcarra)

SEJUMLAH atlet yang dinaturalisasi untuk mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) memutuskan menjadi mualaf. Ketenangan yang didapatkan membuat mereka memilih memeluk agama Islam.

Keputusan menjadi mualaf pun melanggengkan karier mereka sejauh ini. Lantas, siapa saja atlet yang dimaksud?

Berikut 4 atlet naturalisasi yang pilih jadi mualaf:

4. Silvio Escobar (Madura United)

Silvio Escobar

Silvio Escobar pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia pada 2014. Belum genap satu tahun berada di Indonesia, Silvio Escobar memutuskan menjadi mualaf. Uniknya, ia hampir gagal menjadi mualaf karena takut disunat!

BACA JUGA: 5 Atlet Indonesia yang Jadi Mualaf, Nomor 1 Bahagia Dengarkan Suara Azan

Namun, berkat keteguhan hatinya, Silvio Escobar berani melakukannya. Setelah memeluk agama Islam, di tahun yang sama penyerang asal Paraguay ini menikahi perempuan berpaspor Indonesia. Setelah lima tahun tinggal di Indonesia atau pada 2019, Silvio Escobar mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI).

3. Esteban Vizcarra (Persib Bandung)

Esteban Vizcarra

(Foto: Persib.co.id)

Esteban Vizcarra tiba di Indonesia pada 2012. Tiga tahun berselang, pemain yang kini merumput bersama Persib Bandung ini memutuskan menjadi mualaf. Keputusan itu diambil sebelum mempersunting sang istri, Resti Ayu Ferdina, pada 2012.

Seiring berjalannya waktu, Esteban Vizcarra mendapatkan status WNI pada 2018. Sayangnya, sejauh ini Esteban Vizcarra baru mencatatkan satu penampilan bersama Timnas Indonesia.

2. Cristian Gonzales (RANS Cilegon FC)

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales memutuskan menjadi mualaf pada 9 Oktober 2003. Ia memutuskan menjadi mualaf setelah menikahi perempuan asal Indonesia, Eva Nurida Siregar. Semenjak menjadi mualaf, Cristian Gonzales memiliki nama Islam yakni Mustafa Habibi.

Selang tujuh tahun, Cristian Gonzales mendapatkan status WNI dan jadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Sayangnya, saat itu Cristian Gonzales gagal membawa Timnas Indonesia menjadi juara karena hanya finis runner-up.

Sekarang di usia yang sudah tak muda lagi (45 tahun), Cristian Gonzales masih aktif bermain bersama klub milik Raffi Ahmad, RANS Cilegon FC. Terbaru, ia membawa sang klub lolos ke babak 8 besar Liga 2 2021-2022.

1. Diego Michiels (Arema FC)

Diego Michiels

Berbeda dengan nama lain, Diego Michiels lebih dulu mendapatkan status WNI ketimbang menjadi mualaf. Ia mendapatkan status WNI pada 2011 dan langsung membawa Timnas Indonesia U-23 merebut perak SEA Games 2011.

Kemudian, momen mualaf Diego Michiels terasa emosional. Sebab, fullback berusia 31 tahun ini memutuskan menjadi mualaf pada 7 Februari 2013, atau ketika menjalani persidangan kasus pengeroyokan.

Tak lama setelah menjadi mualaf, pemain kelahiran Deventer, Belanda, ini pun mengganti namanya menjadi Diego Muhammad bin Robbie Michiels.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini