5 Pemain Idola Kevin Sanjaya di Bulu Tangkis, Nomor 1 si Tampan dari Korea Selatan

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 40 2513776 5-pemain-idola-kevin-sanjaya-di-bulu-tangkis-nomor-1-si-tampan-dari-korea-selatan-5otvw5R5CH.jpg Berikut 5 pemain idola Kevin Sanjaya. (Foto: Humas PP PBSI)

5 pemain idola Kevin Sanjaya di bulu tangkis coba dibahas dalam artikel kali ini. Sebelum meraih kejayaan seperti sekarang bareng Marcus Fernaldi Gideon, yakni menduduki peringkat satu dunia sejak Maret 2017, Kevin Sanjaya Sukamuljo memiliki sejumlah pebulu tangkis panutan.

Bahkan uniknya, tiga dari lima pemain idola Kevin Sanjaya mentas di nomor tunggal, bukan ganda seperti nomor yang ia gelutinya saat ini. Namun, jika ditelisik lebih dalam itu tidak mengherankan, mengingat Kevin Sanjaya dulunya mentas di nomor tunggal putra. Lantas, siapa saja pemain idola Kevin Sanjaya?

Berikut 5 pemain idola Kevin Sanjaya di dunia bulu tangkis, mengutip dari YouTube Olahraga Populer.

5. Fu Haifeng (China)

Fu Haifeng

(Fu Haifeng (kiri) saat memenangkan medali emas Olimpiade Rio 2016)

Fu Haifeng merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah turun di nomor ganda putra. Bukti kehebatanya adalah, Fu Haifeng merebut medali emas Olimpiade bersama dua orang berbeda.

BACA JUGA: Indonesia Resmi Mundur dari BWF World Championship 2021, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Tunda Ambisi Juara Dunia

Di Olimpiade London 2012, Fu Haifeng memenangkannya bersama Cai Yun. Kemudian di Olimpiade Rio 2016, Fu Haifeng meraih medali emas bareng Zhang Nan. Si pemilik smash mematikan ini juga tercatat memenangkan empat gelar juara dunia bareng Cai Yun (2006, 2009, 2010 dan 2011).

4. Lee Chong Wei (Malaysia)

Lee Chong Wei

Lee Chong Wei memang tidak pernah menjadi juara dunia dan merebut medali emas Olimpiade. Namun, pebulu tangkis yang satu ini dikenal raja superseries karena piawai merebut gelar di berbagai ajang BWF World Tour.

Pernah dalam kurun 2009-2010, Lee Chong Wei juara di 14 beruntun turnamen yang diikutinya. Lee Chong Wei juga tercatat sebagai pemain yang paling sering menjadi juara Indonesia Open sebanyak enam kali. Ia bersanding dengan nama-nama lain seperti Taufik Hidayat, Ardy Wiranata, Tri Kusharjanto dan Minarti Timur.

3. Taufik Hidayat (Indonesia)

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat merupakan satu-satunya pebulu tangkis Indonesia yang masuk dalam daftar ini. Kehebatan pria asal Bandung dalam bermain bulu tangkis tak perlu diragukan lagi.

Teknik pukulan backhand smash merupakan salah satu yang identik dimilik Taufk Hidayat. Sepanjang kariernya, Taufik Hidayat pernah memenangkan medali emas Asian Games 2002 dan 2006, Olimpiade Athena 2004 hingga BWF World Championship 2005.

2. Lin Dan (China)

Lin Dan

Lin Dan merupakan salah satu tunggal putra terbaik yang pernah beredar di muka bumi. Buktinya, Lin Dan memegang dua medali emas Olimpiade (2008 dan 2012) dan memenangkan lima gelar juara dunia (2006, 2007, 2009, 2011 dan 2013).

Tak hanya sukses di level individu, Lin Dan juga mengantarkan China meraih kejayaan di level beregu. Ia membantu China memenangkan enam trofi Piala Thomas dan lima gelar Piala Sudirman.

1. Lee Yong-dae (Korea Selatan)

Lee Yong-dae

Di posisi puncak ada Lee Yong-dae yang merupakan pebulu tangkis tampan asal Korea Selatan. Lee Yong-dae pernah menduduki peringkat satu dunia bersama empat orang berbeda.

Mereka ialah Lee Hyo-jung (ganda campuran), Jung Jae-sung, Ko Sung-hyun dan Yoo Yeong-seong (ganda putra). Bersama Lee Hyo-jung, Lee Yong-dae merebut medali emas Olimpiade Beijing 2008.

Saat itu di partai puncak, Lee Yong-dae yang baru berusia 20 tahun mengalahkan ganda campuran andalan Indonesia, Nova Widianto/Liliyana Natsir dengan skor 21-11 dan 21-17. Sejak 2019, Lee Yong-dae tak terlalu aktif di level profesional dan lebih sering turun di serial televisi Korea Selatan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini