Share

Marc Marquez di Ambang Resmi Pensiun dari MotoGP, Joan Mir atau Jack Miller yang Jadi Penggantinya di Repsol Honda?

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 38 2513362 marc-marquez-di-ambang-resmi-pensiun-dari-motogp-joan-mir-atau-jack-miller-yang-jadi-penggantinya-di-repsol-honda-zIZHQpFRSL.jpg Marc Marquez (kiri) di ambang pensiun dari MotoGP. (Foto: MotoGP.com)

MARC Marquez di ambang pensiun dari MotoGP karena masalah penglihatan. Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, pun ragu Marc Marquez mentas di MotoGP 2022.

“Kami memulai musim 2021 tanpa Marc (Marquez) yang ketika itu masih memulihkan diri. Dia membutuhkan waktu untuk berada di level yang layak. Pol Espargaro juga mengalami kesulitan untuk memahami motor,” kata Puig dikutip Tutto Motori Web, Selasa (7/12/2021).

Marc Marquez

(Marc Marquez berpotensi pensiun dari MotoGP dalam waktu dekat)

“Skenario terburuk adalah Marc tidak kembali. Pemulihannya lebih lambat dari perkiraan. Pada akhir musim, ia juga menjadi korban cedera, yang mana tak terduga. Sekarang saya berharap masa depan lebih baik dan memulai 2022 secepat mungkin,” lanjut pria asal Spanyol.

The Baby Alien –julukan Marc Marquez– masih dicantumkan namanya oleh Repsol Honda untuk MotoGP 2022. Sebab, untuk mencari pembalap pengganti, Repsol Honda agak kesulitan.

Sebab, pembalap-pembalap top masih terikat kontrak hingga akhir MotoGP 2022. Barulah di akhir MotoGP 2022 atau jelang bergulirnya MotoGP 2023, Repsol Honda dapat menunjuk pembalap anyar untuk menggantikan Marc Marquez yang kemungkinan bisa saja pensiun.

BACA JUGA: Jika Marc Marquez Pensiun dari MotoGP, Berapa Lama Repsol Honda Akan Terpuruk?

Lantas, siapa pembalap pengganti Marc Marquez untuk MotoGP 2023? Kemungkinan besar, pembalap asal Spanyol atau Australia akan dipilih.

Sebab, Repsol Honda memiliki sejarah panjang dengan dua pembalap asal negara di atas. Pernah dalam kurun 1995-1998, Repsol Honda mengeluarkan sang pembalap yang berasal dari Australia, Mick Doohan, menjadi kampiun empat musim beruntun kelas 500 cc.

Mick Doohan

(Mick Doohan sempat mendominasi kelas premier bersama Repsol Honda)

Kemudian pada 2011, giliran Casey Stoner, pembalap Australia lain yang keluar sebagai juara MotoGP. Bagaimana dengan pembalap asal Spanyol?

Marc Marquez memenangkan enam gelar juara MotoGP dalam kurun 2013-2019. Dalam kurun tersebut, hanya satu kali Marc Marquez gagal memenangkan gelar juara, tepatnya pada 2015.

Jadi, siapa yang layak menjadi suksesor Marc Marquez? Joan Mir (Spanyol) dan Jack Miller (Australia) dapat dikedepankan. Joan Mir merupakan juara dunia MotoGP 2020 dan kontraknya bersama Suzuki Ecstar berakhir di ujung 2022.

Sementara Jack Miller, pembalap yang memiliki gaya membalap mirip Marc Marquez ini habis kontrak bareng Ducati Lenovo di akhir MotoGP 2022. Karena itu, menarik menanti kelanjutan dari kabar di atas yang berkembang dari hari ke hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini