Jika Marc Marquez Pensiun dari MotoGP, Berapa Lama Repsol Honda Akan Terpuruk?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 38 2513175 jika-marc-marquez-pensiun-dari-motogp-berapa-lama-repsol-honda-akan-terpuruk-JmEMMufqE1.jpg Repsol Honda kesulitan bangkit jika ditinggalkan Marc Marquez. (Foto: MotoGP.com)

MARC Marquez (Repsol Honda) di ambang pensiun dari MotoGP karena belum ada tanda-tanda pulih dari masalah penglihatan yang dialami. Jika Repsol Honda kehilangan Marc Marquez, berapa lama mereka akan terpuruk?

Pabrikan yang bermarkas di Aalst, Belgia, ini diketahui sangat bergantung kepada kehebatan Marc Marquez. Bahkan pengembangan motor RC213V didesain berdasarkan gaya balap The Baby Alien –julukan Marc Marquez– yang memenangkan enam gelar juara MotoGP bersama mereka tersebut.

Marc Marquez

Tak heran sejumlah pembalap kenamaan seperti Dani Pedrosa hingga Jorge Lorenzo, kesulitan saat menunggangi motor Repsol Honda. Hal yang sama juga dirasakan tandem Marc Marquez saat ini, Pol Espargaro.

“Karena berbagi pit-box dengannya, saya bisa melihat apa yang dilakukan Marc (Marquez). Saya pikir tidak banyak bisa melakukannya seperti Marc. Terlepas dari yang terlihat di balapan, persiapannya sepanjang akhir pekan juga sangat rumit,” kata Pol Espargaro mengutip dari Marca, Selasa (7/12/2021).

Karena itu, jika Marc Marquez pensiun atau meninggalkan Repsol Honda karena alasan lain, pabrikan asal Jepang ini berpotensi butuh waktu lama untuk bangkit. Sebab, seperti yang sudah diutarakan di atas, motor RC213V dikembangkan dengan gaya balapan Marc Marquez.

BACA JUGA: Marc Marquez di Ambang Pensiun dari MotoGP, Ini Respons Mengejutkan Valentino Rossi

Seperti yang sudah-sudah, Repsol Honda butuh waktu setidaknya dua tahun untuk bangkit setelah ditinggal pembalap utama mereka. Di akhir MotoGP 2003, Repsol Honda ditinggalkan Valentino Rossi yang membelot ke Yamaha.

Bersama Repsol Honda, Valentino Rossi memenangkan dua gelar MotoGP, tepatnya pada 2002 dan 2003. Setelah absen juara pada 2004 dan 2005, Repsol Honda kembali juara via sang pembalap, Nicky Hayden pada 2006.

Valentino Rossi

(Valentino Rossi (kiri) saat bela Repsol Honda pada 2003)

Kemudian, Nicky Hayden meninggalkan Repsol Honda pada 2008. Baru pada MotoGP 2011, Repsol Honda kembali mengeluarkan sang pembalap menjadi juara dunia via Casey Stoner.

Untuk yang terakhir, Repsol Honda tak memiliki jeda waktu. Setelah ditinggalkan Casey Stoner pada MotoGP 2012, Repsol Honda langsung menjadi juara dunia via Marc Marquez pada MotoGP 2013.

Melihat fakta di atas, Repsol Honda rata-rata butuh waktu dua tahun untuk kembali mengeluarkan sang pembalap menjadi juara dunia setelah ditinggalkan sang rider andalan. Jadi, bagaimana Repsol Honda, sudah menemukan pengganti Marc Marquez?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini