Musim Debut Bersama Honda Tak Berakhir Manis, Ini Dalih Pol Espargaro

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 38 2513320 musim-debut-bersama-honda-tak-berakhir-manis-ini-dalih-pol-espargaro-YMlbEbBOIi.jpg Pol Espargaro akui musim debutnya bersama Repsol Honda tidak berakhir manis (Foto: MotoGP)

GRANOLLES MotoGP 2021 menjadi musim debut Pol Espargaro bersama Repsol Honda. Akan tetapi, musim debut itu tidak berakhir manis untuk Pol.

Pembalap asal Spanyol itu mengakui, bahwa persiapannya kurang matang untuk menyambut MotoGP 2021, terutama balapan perdana di Sirkuit Losail, Qatar. Sebab, kurangnya uji coba di Sirkuit Losail karena pandemi covid-19 yang masih melanda dunia.

Pol Espargaro (Foto: MotoGP)

Selain itu, cengkeraman motor Honda RC213V di belakang juga tidak terlalu kuat sehingga Pol memiliki masalah ketika masuk dan keluar tikungan. Pol, yang terbiasa mengandalkan rem belakang di KTM Red Bull, harus mencari cara lain untuk beradaptasi dengan RC213V.

BACA JUGA: Motor Honda Sulit Ditaklukkan, Pol Espargaro Masih Bingung Cara Marc Marquez Menang

Namun, memasuki pertengahan musim, pembalap berusia 30 tahun itu mulai menemukan sentuhannya dengan motor pabrikan asal Jepang tersebut. Dia mendapatkan pole position di Sirkuit Silverstone dan finis kedua di Sirkuit Emilia Romagna, tepat di belakang Marc Marquez.

“Kami pergi ke balapan pertama di Qatar dengan tidak siap, sebenarnya. Saya hanya menjalani pengujian selama beberapa lap di sana,” kata Pol, dilansir dari Motorsport, Selasa (7/12/2021).

“Jadi, tentu saja saya belum siap. Kemudian, saya perlu menemukan cara mengendarai motor selama balapan akhir pekan, yang sangat, sangat sulit karena Anda memiliki semua tekanan, Anda ingin tampil baik, Anda bisa mengalami crash dan Anda tidak memiliki waktu untuk meningkatkan motor,” imbuhnya.

“Jadi, kami perlu melakukan tes kecil sebagai tes yang sangat penting bagi kami. Dan sepanjang tahun tes ini, terutama dari pertengahan tahun hingga akhir, benar-benar meningkatkan motor, kami benar-benar meningkatkan set-up dan saya mulai merasa jauh lebih baik di atas motor,” ujar Pol.

Pol Espargaro (Foto: Honda Racing Corporation)

Pol mengakhiri MotoGP 2021 di posisi ke-12 dengan koleksi 100 poin. Sementara itu, rekan setimnya, Marc Marquez, meraih hasil lebih baik meski tampil dalam kondisi cedera sepanjang musim. The Baby Alien finis ketujuh dengan koleksi 142 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini