5 Pembalap yang Tampil dalam Tekanan di MotoGP 2022, Nomor 1 Terancam Diganti Rookie

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 38 2513051 5-pembalap-yang-tampil-dalam-tekanan-di-motogp-2022-nomor-1-terancam-diganti-rookie-b4ucUoRUAL.jpg Banyak pembalap yang bakal alami musim yang sulit di MotoGP 2022. (Foto: MotoGP)

MOTOGP 2022 akan menjadi tahun yang berat bagi sebagian pembalap karena di musim tersebut mereka harus bermain sebaik mungkin agar bisa terus balapan. Pasalnya banyak rider yang kontraknya berakhir di pengujung MotoGP 2022.

Selain Marc Marquez (Tim Repsol Honda), Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) yang masih memiliki kontrak setelah 2022. Seluruh pembalap di grid memiliki kontrak yang berakhir musim depan.

Di antara seluruh pembalap itu, ternyata beberapa bisa dibilang lebih tertekan dibanding yang lain. Terutama dalam hal mempertahankan kepercayaan tim, mereka harus memberi usaha lebih di tahun itu.

Lantas siapa saja pembalap yang memiliki tekanan berat dibanding lainnya?

Berikut 5 Pembalap yang Tampil dalam Tekanan di MotoGP 2022:

5. Pol Espargaro (Tim Repsol Honda)

Pol Espargaro

Transisi dari KTM ke Honda tidak semulus yang diharapkan Pol Espargaro dan tim. Pembalap Spanyol mengakhiri tahun debutnya bersama motornya, RC213V di urutan ke-12.

Tekanan masih tetap sama yakni menjadi rekan setim Juara Dunia delapan kali Marc Marquez. Kontrak Marquez masih panjang hingg 2024. Artinya ancaman perombakan bisa menjadi nasibnya bila tak mampu memenuhi ekspektasi tim.

4. Miguel Oliveira (KTM Red Bull)

Miguel Oliveira

KTM secara umum berjuang di awal musim dengan performa buruk Oliveira, sampai akhirnya ia berhasil mengklaim tiga podium berturut-turut di Mugello, Barcelona dan di Sachsenring.

Namun ketika di posisi menanjak, kecelakaan di Red Bull Ring menjadi hambata untuk paruh kedua musim bintang Portugal itu. Di antaranya, hanya sembilan poin yang dikumpulkan oleh Oliveira antara Styria dan Valencia.

Berakhir di posisi 14 klasemen dibandingkan rekan setimnya Brad Binder di 6 dan munculnya pasangan rookie Tech3 KTM Factory Racing Remy Gardner dan Raul Fernandez. Membuat kursi di tim KTM akan menjadi panas.

3. Maverick Vinales (Aprilia Racing)

Maverick Vinales

Dalam lima start, Vinales finis di atas podium dua kali. Salah satunya dengan juara di balapan pembuka di Qatar bersama Yamaha. Namun hal itu berubah di tengah musim dan puncaknya saat ia memutuskan hengkang dari pabrikan itu untuk gabung Aprilia.

Di 2022 Vinales kembali harus beradaptasi dengan motor yang sama sekali berbeda. Di sisi lain, ini menjadi pembuktian gengsi kepada tim pabrikan sebelumnya apakah akan lebih baik atau justru terpuruk.

2. Alex Rins (Tim Suzuki Ecstar)

Alex Rins

Menuju musim 2021, Alex Rins adalah salah satu favorit untuk gelar tersebut. Namun, pembalap Spanyol itu mengalami musim yang sulit sehingga hanya menyelesaikan klasemen di posisi 13.

Padahal Rins berada di posisi 3 pada tahun sebelumnya. Satu-satunya podium terbaik Rins musim ini adalah di Silverstone dengan posisi kedua. Sangat jauh dibanding empat Podium pada 2020.

Rins jatuh enam kali pada 2021, sementara kecelakaan bersepeda anehnya di Circuit de Barcelona-Catalunya membuatnya patah pergelangan tangannya. 2022 adalah tahun yang berat bagi Rins.

1. Jack Miller (Tim Ducati Lenovo)

Jack Miller

Meski memenangkan dua balapan dan finis keempat di Kejuaraan Dunia, Jack Miller juga memiliki masalah. Di antaranya adalah menjadi rekan setim Francesco Bagnaia.

Bagaimanapun, Bagnaia merangkai paruh kedua musim yang sensasional Ducati untuk bertindak sebagai satu-satunya pembalap yang mampu memberi tekanan pada Juara Dunia Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP).

Belum lagi ada tekanan dari Rookie of the Year Jorge Martin (Pramac Racing), Enea Bastianini (Tim Gresini Racing MotoGP), serta pembalap debutan di 2021 yang tergabung di tim satelit Ducati. Jika Miller ingin tetap menjadi pembalap pabrikan Ducati pada 2023, hasil bagus akan diperlukan di awal 2022.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini