Punya Poin Sama, Begini Skenario jika Lewis Hamilton dan Max Verstappen Gagal Finis di F1 GP Abu Dhabi 2021

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 37 2512950 punya-poin-sama-begini-skenario-jika-lewis-hamilton-dan-max-verstappen-gagal-finis-di-f1-gp-abu-dhabi-2021-US2VjWk8bD.jpg Max Verstappen dan Lewis Hamilton bersaing di F1 2021. (Foto/Reuters)

SERI Formula One (F1) Abu Dhabi 2021 akan menjadi penentu siapa yang akan keluar sebagai juara dunia musim ini. Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) dan Max Verstappen (Red Bull Racing) menjadi dua nama yang berpotensi paling besar keluar sebagai pemenang.

Persaingan antara Hamilton dan Verstappen di klasemen F1 GP 2021 makin panas. Saat ini, keduanya memiliki poin yang sama dengan rincian 369,5 poin. Dengan tersisa satu seri balapan lagi, perburuan gelar juara tentu masih terbuka lebar untuk keduanya.

Foto/Reuters

Keadaan ini pun membuat salah satu pembalap berhak menjadi juara dunia, dengan berada di depan rivalnya di GP Abu Dhabi. Sedikit kesalahan saja, maka mimpi salah satu dari mereka akan berakhir.

Baca juga: Max Verstappen Dapat Penalti di F1 GP Arab Saudi 2021, Ini Dalih Christian Horner

Hanya saja, terdapat satu skenario lagi yang bisa saja terjadi pada balapan terakhir musim ini. Yaitu ketika kedua pembalap sama-sama gagal memperoleh poin, sehingga perolehan poinnya pun sama.

Baca juga: Kalah dari Lewis Hamilton di F1 GP Arab Saudi 2021, Max Verstappen Kambing Hitamkan Penalti

Jika hal tersebut terjadi, maka gelar pembalap juara dunia otomatis bakal diberikan ke Verstappen. Alasannya, pembalap asal belanda tersebut memiliki 9 kemenangan sepanjang musim ini.

Sedangkan Hamilton sejauh ini hanya memiliki 8 kemenangan saja. Dengan perhitungan jumlah kemenangan paling banyak, hal tersebut tentu membuat Verstappen yang berhak menjadi juara.

Foto/Reuters

Jika saja jumlah kemenangannya sama, maka jumlah posisi kedua terbanyak yang dihitung. Hal tersebut terus dihitung, sampai akhirnya jumlah gagal finis paling sedikit.

Dari segi kemampuan di GP Abu Dhabi, sejarah lebih memihak Hamilton. Dia berhasil menang di Sirkuit Yas Marinas di empat kesempatan berbeda. Tetapi, Verstappen sukses menang di GP Abu Dhabi 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini