Share

Max Verstappen Dapat Penalti di F1 GP Arab Saudi 2021, Ini Dalih Christian Horner

Cikal Bintang, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 37 2512544 max-verstappen-dapat-penalti-di-f1-gp-arab-saudi-2021-ini-dalih-christian-horner-rGEqkZtbB4.jpg Christian Horner bela aksi Max Verstappen dalam balapan F1 GP Arab Saudi 2021 (Foto: Reuters)

JEDDAH - Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, finis kedua setelah Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) dalam balapan Formula One (F1) GP Arab Saudi 2021. Dalam balapan di Sirkuit Jeddah Corniche, Senin (6/12/2021), dini hari WIB, Verstappen sempat menerima penalti 10 detik karena dinilai menghalangi laju Hamilton.

Tindakan The Dutch Devil -julukan Verstappen- menyebabkan keduanya bersenggolan sebelum tikungan 27 pada lap ke-37. Soal kejadian itu, Kepala Tim Red Bull, Christian Horner, menjelaskan, bahwa Verstappen tidak diinstruksikan untuk menghalangi laju Hamilton.

Max Verstappen vs Lewis Hamilton (Foto: Reuters)

Bahkan, menurutnya, tindakan Hamilton sangat aneh lantaran tidak berniat berpindah jalur di Zona DRS dan justru menabrak Verstappen. Secara tidak langsung, Horner membela aksi Verstappen.

“Saya tidak tahu apa yang sedang dilakukan Lewis (Hamilton) karena Max (Verstappen) mencoba menyerahkan tempat itu seperti yang diinstruksikan oleh Race Control,” kata Horner, dilansir dari laman resmi Red Bull, Senin (6/12/2021).

BACA JUGA: Kalah dari Lewis Hamilton di F1 GP Arab Saudi 2021, Max Verstappen Kambing Hitamkan Penalti

“Dia (Verstappen) mengangkat dan Anda dapat mendengarnya, jelas kami mencoba menyerahkan tempat itu dan kami telah memberi tahu Race Control,” sambungnya.

“Saya tidak tahu apakah Lewis tidak ingin melewati sebelum zona DRS, tetapi sangat aneh dia mengemudi lurus di belakang Max,” tambah Horner.

Sementara itu, Mercedes mengklaim Verstappen berlebihan di lintasan balap. Kepala tim Mercedes, Toto Wolff, balapan dini hari tadi bukan pertunjukan yang bagus meski spektakuler.

“Dia (Hamilton) bisa saja keluar beberapa kali dengan sayap depan patah. Saya tidak ingin ada trik kotor di sini, tapi itu balapan yang spektakuler tapi bukan balapan yang bagus,” papar Wolff.

Max Verstappen (Foto: Reuters)

Sekadar informasi, persaingan antara Hamilton dan Verstappen di klasemen sementara F1 2021 makin panas. Saat ini, keduanya memiliki poin yang sama, yaitu 369,5 poin. Dengan tersisa satu seri balapan lagi (F1 GP Abu Dhabi 2021), perburuan gelar juara tentu masih terbuka lebar untuk keduanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini