4 Fakta Mengerikan Operasi Mata Marc Marquez, Nomor 1 Hampir Pensiun

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 38 2510087 4-fakta-mengerikan-operasi-mata-marc-marquez-nomor-1-hampir-pensiun-kii0H76zpW.jpg 4 fakta mengerikan operasi mata Marc Marquez. (Foto: MotoGP.com)

SEJUMLAH fakta mengerikan operasi mata Marc Marquez akan dibahas dalam artikel ini. Sekadar informasi, Marc Marquez mengidap diplopia atau yang dikenal dengan penglihatan ganda.

Hal ini membuat Marc Marquez mengalami masalah penglihatan dan itu sangat berbahaya jika The Baby Alien –julukan Marc Marquez– ngotot masih ingin melakukan balapan. Sejatinya, diplopia yang dialami Marc Marquez berlangsung sejak 2011.

Namun, penyakit itu semakin parah ketika Marc Marquez terjatuh saat berlatih motocross akhir Oktober 2021. Sebelumnya pada 2012, Marc Marquez sempat menjalani operasi mata dan menciptakan sejumlah efek. Apa saja?

Berikut 4 fakta mengerikan operasi mata Marc Marquez:

4. Berawal dari Malaysia

Marc Marquez

Awal mula Marc Marquez mengalami diplopia usai terjatuh di sesi latihan bebas seri ke-16 Moto2 2011 yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia. Akibatnya, Marc Marquez langsung absen dalam balapan yang berlangsung akhir pekannya.

BACA JUGA: 6 Pembalap yang Juara MotoGP di Era Valentino Rossi, Nomor 1 Musuh Terbesar The Doctor

Tak hanya absen di Malaysia, Marc Marquez juga tak ambil bagian di seri terakhir Moto2 2011 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo.

3. Gelar Juara Melayang

Marc Marquez

Sebelum mengalami kecelakaan di Malaysia, Marc Marquez dan Stefan Bradl bersaing ketat dalam perebutan gelar juara Moto2 2011. Saat itu, Marc Marquez mengoleksi 251 angka dan duduk di posisi dua, terpaut tiga angka dari Bradl di tempat teratas.

Namun, karena Marc Marquez absen dan Bradl finis kedua di Malaysia, pembalap asal Jerman itu menyegel gelar juara Moto2 2011 di Sirkuit Sepang. Meski gagal finis di seri terakhir, koleksi 274 milik Stefan Bradl sudah tak mungkin dibalap Marc Marquez maupun pembalap lain.

2. Istirahat 4 Bulan

Marc Marquez

Marc Marquez sempat dua bulan berisitrahat di rumah, sebelum akhirnya menjalani operasi pada 16 Januari 2012. Menurut laporan Marca, jika operasi yang dilakukan di Institut Oftalmologi di Rumah Sakit Clinico de Barcelona gagal berjalan sukses, Marc Marquez bisa mengalami kebutaan.

Beruntung, operasi berjalan sukses. Marc Marquez bisa kembali lintasan pada Februari 2012 untuk menjalani tes pramusim. Hebatnya di akhir musim, Marc Marquez keluar sebagai juara Moto2.

1. Hampir Pensiun

Marc Marquez

Marc Marquez menyebut cedera yang dialami pada 2011, jauh lebih parah ketimbang patah lengan kanan dan bahu yang dialami The Baby Alien di MotoGP 2020.

Bahkan, Marc Marquez takut tak bisa kembali mengaspal karena masalah penglihatan tersebut. Beruntung, setelah istirahat total, Marc Marquez kembali membalap dan kemudian memenangkan enam gelar juara MotoGP.

“Tapi jujur saja dari 2011 hingga 2012 ketika mengalami masalah penglihatan merupakan yang paling parah. Saat itu, saya hanya istirahat di rumah dan takut tak bisa membalap lagi,” kata Marc Marquez mengutip dari Autosport.

Sekarang, Marc Marquez kembali berjuang sembuh dari masalah penglihatan. Belum ada yang menjamin Marc Marquez bisa tampil full di MotoGP 2022.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini