Share

Gelar Balapan World Superbike, Ini Spesifikasi Sirkuit Mandalika

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 38 2500675 gelar-balapan-world-superbike-ini-spesifikasi-sirkuit-mandalika-ZJNGuAge6v.jpg Ini spesifikasi Sirkuit Mandalika yang bakal gelar balapan World Superbike 2021 (Foto: Istimewa)

LOMBOK – Sirkuit Jalan Raya Internasional Mandalika, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sirkuit Mandalika, akan menjadi tempat balapan World Superbike (WSBK) 2021. Trek baru ini memiliki spesifikasi kelas dunia.

Sirkuit Mandalika terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit ini memiliki panjang 4,31 km dengan total 17 tikungan. Akan tetapi, panjang tersebut sudah dikurangi dari rencana awal, yaitu 4,32 km dengan 19 tikungan.

Pengecetan Sirkuit Mandalika (Foto: Instagram/@themandalikagp)

Pengurangan tersebut dikarenakan terlalu banyak tikungan dianggap dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, dua tikungan pun terpaksa dihapus.

Semenara itu, aspal sirkuit ini pun merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Sirkuit Mandalika memakai aspal teknologi terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt yang memiliki daya tahan yang kuat.

BACA JUGA: Klarifikasi soal Unboxing Jelang World Superbike Mandalika 2021, Ducati Ngaku Tak Sabar ke Tanah Air

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga bisa menampung hingga total 195.700 orang. Akan tetapi, tempat duduk yang disediakan hanya mampu menampung 50.000 orang.

Sirkuit Mandalika juga dikatakan mampu menampung sebanyak 40 garasi yang bisa dipakai oleh setiap tim balap. Tak heran jika sirkuit tersebut memiliki taraf internasional.

Fasilitas mumpuni di Sirkuit Mandalika bukan menjadi satu-satunya hal yang menarik perhatian dunia. Faktanya, sirkuit tersebut juga dihiasi dengan pemandangan laut biru yang indah dan mampu memanjakan mata.

Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton yang ingin menyaksikan ajang balap sekaligus menikmati keindahan alam di Lombok.

Sirkuit Mandalika (Foto: MotoGP)

WSBK bukan menjadi satu-satunya ajang balap yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Setelahnya, MotoGP juga akan hadir di Sirkuit Mandalika pada 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini