Marc Marquez Alami Masalah Penglihatan, Dokter: Mungkin Ia Takkan Sembuh

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 38 2500077 -Ny2hyC1NlC.jpg Gangguan penglihatan Marc Marquez mungkin tidak bisa sembuh, menurut dokter ini (Foto: MotoGP)

KABAR kurang menyenangkan datang dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Diplopia atau penglihatan ganda yang dialami Marquez mungkin tidak bisa sembuh menurut dr. Andrea Gerosa, ahli bedah saraf di rumah sakit Maggiore di Parma.

Sebagaimana diketahui, diplopia Marquez kambuh usai mengalami kecelakaan dalam latihan beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Marquez pernah mengalami hal serupa pada 2011, tetapi dia mampu melewati masa sulit itu hingga bisa membalap sampai sekarang.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Namun, keadaan Marquez sekarang lebih rumit ketimbang sebelumnya. Kecelakaan terakhir diperkirakan membuat gangguan penglihatan Marquez lebih parah karena terjadi di tempat yang sama seperti 2011.

BACA JUGA: Marc Marquez Alami Gegar Otak dan Ganggguan Penglihatan, Marco Melandri: Masalah Mental Bisa Muncul

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu pun didiagnosis mengalami kelumpuhan saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblique superior oleh dr. Sanchez Dalmau dari Hospital Clinic di Barcelona. Hal itu pula yang membuat musim Marquez berakhir lebih cepat di MotoGP 2021.

Diplopia merupakan pukulan telak bagi Marquez yang mulai kembali ke performa terbaiknya usai cedera pada bahu dan lengan kanannya. Kini, proses pemulihan pun harus dijalani oleh pembalap asal Spanyol itu.

Jika keadaannya tidak terlalu parah, Marquez bisa mejalani terapi anti-edema dengan kortison. Sayangnya, ada kemungkinan diplopia Marquez tidak bisa disembuhkan jika keadaannya benar-benar buruk, menurut dr. Andrea Gerosa.

“Pada dasarnya ini adalah pertanyaan untuk memahami sejauh mana masalah saraf. Jika cederanya serius, tidak ada pemulihan. Jika itu adalah ketegangan, seperti yang sering terjadi, kondisinya membaik,” kata dr. Andrea Gerosa, dikutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (11/11/2021).

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Tidak mungkin untuk mengatakan berapa lama, dibutuhkan dari beberapa hari hingga enam bulan. Setelah itu gambar sudah final. Fakta bahwa itu menyangkut mata yang sama adalah keadaan yang memberatkan. Terapi anti-edema diterapkan untuk otot, dengan kortison. Maka Anda perlu waktu,” tuturnya.

Kondisi Marquez mengundang banyak simpati dari dunia MotoGP. Rekan sesama pembalap pun memberikan dukungan kepada The Baby Alien. Semoga cepat sembuh Marquez!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini