Share

Soal Vaksinasi Atlet, Presiden ATP Yakin Pemain yang Belum Divaksin Bisa Tampil di Australia Open 2022

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 03:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 40 2499888 soal-vaksinasi-atlet-presiden-atp-yakin-pemain-yang-belum-divaksin-bisa-tampil-di-australia-open-2022-IoWxGjSLw7.jpg Novak Djokovic saat berlaga. (Foto: Reuters)

MELBOURNE – Penyelenggaraan Australia Open 2022 terus menyedot perhatian. Sebab, sejumlah atlet terancam tak bisa tampil lantaran terbentur aturan yang mengharuskan setiap pemain yang ambil bagian di sana sudah divaksinasi.

ATP saat ini masih harus mencari solusi agar pemain yang tidak divaksin agar dapat berpartisipasi di ajang Australia Open 2022. Presiden ATP, Andrea Gaudenzi, meyakini Australia akan melunak dengan aturan ketat tersebut.

Novak Djokovic

Seperti yang sudah diketahui, pemerintah Australia tidak mengizinkan pemain yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak dua dosis dapat berpartisipasi pada ajang Australia Open. Hal itu ditekankan oleh Perdana Menteri negara bagian Victoria, Daniel Andrews.

BACA JUGA: Sekalipun Tanpa Novak Djokovic, Australia Open 2022 Tetap Akan Meriah

”Pemain yang tidak diimunisasi tidak akan memiliki izin khusus untuk berpartisipasi,” ungkap Daniel Andrews dilansir dari Tennis World.

BACA JUGA: Soal Vaksin Covid-19, Simona Halep Punya Pandangan Berbeda dengan Novak Djokovic

Meski begitu, ATP mengatakan bahwa mereka terus melakukan negosiasi dengan pemerintah Australia untuk mencari solusi terbaik. Gaudenzi pun menyebut tingkat partisipasi pemain tenis saat ini sudah jauh meningkat.

"Tingkat vaksinasi di kalangan pemain tenis secara bertahap meningkat. Sejak ATP kami selalu mendorong pilihan ini dan sekarang kami sekitar 70%, tetapi kami berharap dalam satu atau dua bulan 85 dan 90% pemain tenis akan selesai vaksin dua dosis,” ujar Gaudenzi.

Gaudenzi menyebut bahwa Australia tidak akan melakukan karantina jika seorang pemain terbukti negatif Covid-19. Dirinya pun meyakini bahwa Australia akan memberikan izin untuk pemain yang tidak divaksinasi untuk bertanding di Australia Open 2022.

“Tenis Australia telah meyakinkan kami bahwa jika seorang pemain memiliki kontak langsung dengan yang positif, dia akan diuji dan jika negatif, dia tidak perlu dikarantina,” pungkasnya.

“Namun, kami yakin bahwa pemerintah Australia akan mengizinkan pemain yang tidak divaksinasi untuk bersaing,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini