Novak Djokovic Juara Australia Open 2021 Usai Tumbangkan Medvedev

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 21 Februari 2021 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 40 2365826 novak-djokovic-juara-australia-open-2021-usai-tumbangkan-medvedev-NqyTWuG6mR.JPG Petenis Serbia, Novak Djokovic (Foto: Reuters)

MELBOURNE – Petenis berpaspor Serbia, Novak Djokovic, tampil sebagai juara dalam dalam gelaran Australia Open 2021 yang dilangsungkan di Rod Laver Arena, Melbourne, Minggu (21/2/2021) sore WIB. Menghadapi Daniil Medvedev, Djokovic menang tiga gim langsung dengan skor 7-5, 6-2, dan 6-2.

Pada gim pertama, pertandingan sebenarnya berlangsung ketat. Kedua petenis saling menyerang yang membuat kedudukan sama kuat 2-2. Meski begitu, Djokovic bisa mengatasi tekanan yang diberikan oleh Medvedev dengan baik sehingga menutup gim pertama dengan kemenangan 7-5.

Baca juga: Usai Menangi Australia Open 2021, Ini yang Ingin Dilakukan Naomi Osaka

Memasuki gim kedua, Djokovic semakin percaya diri. Dalam kurun waktu yang cukup cepat, petenis nomor satu dunia itu mampu mendulang banyak poin. Sementara itu, Medvedev semakin kewalahan meladeni permainan Djokovic.

Novak Djokovic

Keperkasaan Djokovic masih tidak terbendung di gim ketiga. Petenis berjuluk Joker Nole itu nampak bisa memanfaatkan momentum dengan sangat baik. Djokovic juga tidak nampak terburu-buru dalam menyelesaikan permainan dan berusaha meminimalisir kesalahan.

Salah satu kunci yang membuat Djokovic bisa mencetak banyak poin karena ia punya servis yang mematikan. Tercatat dalam pertandingan ini, lebih dari 70 persen servis pertama Djokovic berhasil dikonversi menjadi poin.

Berkat hasil ini, Djokovic pun didapuk sebagai kampiun Australia Open 2021. Dengan kata lain, petenis 33 tahun tersebut berhasil mempertahankan gelar juara miliknya. Tahun lalu, Djokovic juga tampil sebagai pemenang Australia Open.

Kemenangan ini juga membuat Djokovic kini memiliki 18 gelar juara grand slam selama ia berkarier sebagai petenis profesional. Adapun Australia Open merupakan turnamen grand slam yang paling sering dimenangkan Djokovic, yakni sembilan kali.

Di sektor tunggal putra, Djokovic hanya tertinggal dari Rafael Nadal dan Roger Federer dalam perolehan gelar juara grand slam. Sebab, Nadal dan Federer masing-masing telah mengemas 20 titel grand slam.

Novak Djokovic

Kendati demikian, peluang bagi Djokovic untuk mengejar keduanya tentu terbuka lebar. Apalagi, saat ini Joker Nole sedang dalam performa puncak dengan menempati peringkat satu dunia.

Menarik untuk dinanti persaingan DJokovic dengan Nadal di turnamen grand slam berikutnya, yakni Prancis Open 2021. Sebab, saat ini Nadal juga sedang dalam performa yang bagus dengan menempati posisi kedua dunia. Selain itu, Nadal juga merupakan pengoleksi gelar Prancis Open terbanyak, 13 kali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini