5 Calon Kuat Juara MotoGP 2022, Nomor 1 si Raja Baru Fabio Quartararo

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 38 2492504 5-calon-kuat-juara-motogp-2022-nomor-1-si-raja-baru-fabio-quartararo-MWjbzavCHi.jpg Ini lima calon kuat juara MotoGP 2022 (Foto: MotoGP)

MOTOGP 2021 telah menemukan juaranya, yaitu Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Dia menjadi juara usai tampil apik dari awal musim hingga balapan teranyar MotoGP Emilia Romagna 2021.

Karena pembalap terbaik musim ini telah diketahui, ada baiknya untuk membicarakan calon juara di MotoGP 2022. Beberapa pembalap akan masuk dalam daftar ini karena performanya pada musim 2021. Berikut lima calon kuat juara MotoGP 2022.

5. Joan Mir – Suzuki Ecstar

Joan Mir (Foto: MotoGP)

Joan Mir adalah juara MotoGP 2020. Akan tetapi, dia gagal mempertahankan gelar juaranya pada musim ini karena tidak sekonsisten MotoGP 2020. Meski begitu, pembalap Suzuki Ecstar itu tetap ada di posisi ketiga klasemen sementara dengan koleksi 175 poin.

Mir harus konsisten tampil apik agar bisa bersaing dalam perebutan gelar juara MotoGP 2022. Dia adalah salah satu pembalap yang punya atribut untuk jadi juara dunia.

4. Jack Miller – Ducati Lenovo

Jack Miller (Foto: MotoGP)

Pembalap Ducati Lenovo, Jack Miller, tampil cukup baik pada musim ini. Penampilan apik itu sempat membawa Miller bersaing memperebutkan gelar juara MotoGP 2021.

Namun, peluang itu sirna karena Miller tidak bisa tampil baik pada momen-momen krusial. Meski dibekali motor kompetitif, seperti Desmosedici GP21, Miller gagal memaksimalkannya.

Posisi Miller perlahan-lahan menurun sehingga kini ada di peringkat kelima klasemen sementara dengan koleksi 149 poin. Hal serupa tidak boleh terjadi pada musim depan jika pembalap asal Australia itu mau menjadi juara.

3. Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo

Francesco Bagnaia (Foto: MotoGP)

Posisi ketiga dalam daftar ini dimiliki oleh rekan setim Miller, Francesco Bagnaia. Pembalap Italia itu tampil amat apik di MotoGP 2021. Dia adalah pesaing terbesar Quartararo untuk menjadi juara pada musim ini.

Namun, Bagnaia gagal menjegal langkah Quartararo. Sebab, performa Bagnaia sempat menurun pada pertengahan musim ini sehingga kehilangan poin-poin berharga untuk bersaing dengan Quartararo. Jika konsisten tampil apik di MotoGP 2022, Bagnaia adalah calon kuat juara.

2. Marc Marquez – Repsol Honda

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Selanjutnya, ada pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Pembalap Spanyol itu perlahan-lahan sudah kembali ke performa terbaik meski masih merasakan sakit pada lengan kanannya.

 Marquez tidak bersaing untuk perebutan gelara juara MotoGP 2021, tetapi dia mampu empat kali naik ke podium dengan tiga di antaranya sebagai pemenang. Patut diingat, torehan itu diukir Marquez dalam kondisi kurang fit.

Jika musim depan fisik Marquez fit 100 persen, The Baby Alien jelas kandidat kuat juara. Marquez tentu ingin meraih gelar juara MotoGP ketujuhnya pada musim depan.

1. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha

Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

Quartararo tentu masuk dalam daftar ini. Setelah gagal juara di MotoGP 2020, Quartararo tampil lebih dewasa pada musim ini sehingga bisa mengatasi tekanan dalam persaingan. Ketenangan dan kemampuan apiknya menjadi kombinasi mematikan untuk menjadi juara MotoGP 2021.

Musim depan, Quartararo tentu akan berusaha mati-matian untuk mempertahankan gelar juara ini. Jika minimal bisa mengulang performa sekarang pada musim depan, Quartararo tentu merupakan calon kuat juara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini