Tendang Valentino Rossi dan Tunjuk Fabio Quartararo, Yamaha Akhiri Puasa Gelar MotoGP Selama 6 Tahun

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 38 2491022 tendang-valentino-rossi-dan-tunjuk-fabio-quartararo-yamaha-akhiri-puasa-gelar-motogp-selama-6-tahun-3mBaY6qBZg.jpg Fabio Quartararo juara MotoGP 2021. (Foto: MotoGP.com)

KEPUTUSAN tepat dibuat manajemen tim pabrikan Yamaha (Monster Energy Yamaha) sebelum MotoGP 2021 dimulai. Saat itu, mereka mengakhiri kontrak dengan Valentino Rossi dan menunjuk pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo, sebagai penggantinya.

Dibilang tepat karena Fabio Quartararo langsung keluar sebagai juara MotoGP 2021. Gelar juara ini merupakan yang pertama disabet Yamaha dalam enam tahun terakhir. Sebelumnya, ada Jorge Lorenzo yang merebut gelar juara MotoGP bersama Yamaha, tepatnya pada 2015.

Jorge Lorenzo

(Jorge Lorenzo (kiri) saat bela Yamaha)

Sebelum menjadi juara, Fabio Quartararo mentas dalam balapan yang dilangsungkan di di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (24/10/2021) malam WIB. Fabio Quartararo yang memulai balapan dari urutan 15, mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dan finis di posisi keempat.

Alhasil, Fabio Quartararo merebut gelar juara dunia untuk pertama kalinya di kelas MotoGP. Seperti yang sudah disebut di atas, pembalap asal Prancis itu juga memberikan gelar juara dunia untuk Yamaha yang terakhir kali didapatkan pada MotoGP 2015.

Saat itu, Jorge Lorenzo menjadi pembalap terakhir Yamaha yang menjadi juara MotoGP sebelum Fabio Quartararo. Kala itu, Jorge Lorenzo mengumpulkan 330 poin dari 18 balapan dengan tujuh kemenangan.

BACA JUGA: Gara-Gara Fabio Quartararo Juara MotoGP 2021 dan Valentino Rossi, Marc Marquez Gagal Jadi Sorotan

Setelah itu, Yahama kesulitan kembali menjadi yang terbaik di kelas MotoGP. Honda mendominasi setelahnya dengan Marc Marquez yang menjadi juara dunia sebanyak empat kali secara berturut-turut (2016-2019).

Pada MotoGP 2020, Honda kesulitan bersaing setelah Marc Marquez mengalami cedera panjang usai mengalami patah pada lengan kanannya. Joan Mir pun menggunakan kesempatan tersebut dan mempersembahkan gelar juara dunia untuk Suzuki.

Fabio Quartararo

Meski gagal menjadi juara dunia musim lalu, Fabio Quartararo keluar sebagai kampiun MotoGP 2021 usai poinnya tidak dapat tersalip lagi dengan dua balapan tersisa. Fabio Quartararo mengandaskan harapan pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, yang gagal finis pada MotoGP Emilia Romagna 2021.

Sebelumnya, Francesco Bagnaia diprediksi dapat menunda pesta juara Fabio Quartararo di MotoGP Emilia Romagna 2021. Namun, nasib sial dialami Francesco Bagnaia yang terjatuh ketika balapan menyisakan empat lap!

Padahal sebelum terjatuh, Francesco Bagnaia menempati posisi puncak. Jika posisi itu berhasil dipertahankan sampai akhir, Bagnaia bakal kembali bersaing dengan Quartararo di race selanjutnya yang dilangsungkan di Sirkuit Algarve dua pekan mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini