Piala Thomas 2020: Kevin Sanjaya Akui Agak Aneh Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Tanpa Melihat Bendera Merah Putih

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 40 2489310 piala-thomas-2020-kevin-sanjaya-akui-agak-aneh-nyanyikan-lagu-indonesia-raya-tanpa-melihat-bendera-merah-putih-txKq9lJlgY.jpg Kevin Sanjaya Sukamuljo bersama Piala Thomas. (Foto: Instagram/Kevin_sanjaya)

ODENSE – Bendera Merah Putih tidak berkibar ketika Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas 2020. Salah satu pebulu tangkis di nomor ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo, merasa ada yang yang berbeda atas kejadian tersebut.

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo merasakan hal yang berbeda saat memenangkan Piala Thomas 2020. Perasaan berbeda itu terkait menyanyikan lagu Indonesia Raya tanpa ada bendera Merah Putih yang berkibar.

Pernyataan Kevin itu merupakan apa yang dirasakannya saat bendera Merah Putih tidak berkibar kala Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas 2020.

Baca Juga: Hasil Denmark Open 2021: Marcus/Kevin Lolos, Tommy Sugiarto Tunggu Anthony Ginting di 16 Besar

Marcus/Kevin (Badminton Photo)

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia mendapatkan sanksi dari Agensi Anti Doping Dunia (WADA) karena tidak memenuhi program anti-doping. Hal tersebut pun membuat Indonesia dilarang untuk mengibarkan bendera Merah Putih di turnamen internasional.

Indonesia pun merasakan dampak pertama sanksi tersebut pada Piala Thomas 2020. Indonesia yang menjadi juara pada turnamen yang diselenggarakan di Aarhus, Denmark pun tidak bisa mengibarkan bendera merah putih di podium tertinggi.

Kevin pun merasakan hal tersebut membuat perayaan kemenangan Indonesia menjadi berbeda. Meski dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya, tanpa kehadiran bendera Merah Putih dianggap menjadi tidak lengkap.

“Pasti ada rasa yang berbeda. Kita bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya tapi tidak ada bendera Merah Putih. Tentu saja seperti ada yang berbeda,” ujar Kevin dalam acara Mata Najwa, Rabu (20/10/2021).

Meski begitu, atlet berusia 26 tahun tersebut menyebut sanksi tersebut tidak menyurutkan niat para pemain untuk bertanding. Kevin pun menjelaskan bahwa mereka sudah datang demi merebut kembali Piala Thomas.

Bendera PBSI berkibar di podium Piala Thomas 2020

“Tapi hal tersebut tidak menurunkan semangat para pemain. Kita datang dan bertanding memang untuk meraih kemenangan,” lanjutnya.

Terlepas dari kekecewaan itu, Kevin tetap merasa senang dengan gelar juara Piala Thomas 2020. Pasalnya sudah 19 tahun Indonesia absen mengangkat Piala Thomas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini