Chen Long dan Li Junhui/Liu Yuchen Absen di Piala Thomas 2022, Indonesia Juara Lagi?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 40 2488927 chen-long-dan-li-junhui-liu-yuchen-absen-di-piala-thomas-2022-indonesia-juara-lagi-eaG6UH4FhK.jpg Chen Long absen di Piala Thomas 2020. (Foto: REUTERS/Leonhard Foeger)

CHEN Long dan Li Junhui/Liu Yuchen tidak dipanggil Tim Bulu Tangkis China di Piala Thomas 2020. Keberanian Tim Bulu Tangkis China tidak memanggil dua peraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 itu berujung petaka.

Tim Bulu Tangkis China gagal mempertahankan Piala Thomas yang mereka raih di edisi 2018. Lolos ke final Piala Thomas 2020, Tim Bulu Tangkis China dihancurkan Indonesia 0-3!

Chen Long

(Chen Long tak dibawa China ke Piala Thomas 2020)

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah Li Junhui/Liu Yuchen dan Chen Long kembali tidak dipanggil saat Piala Thomas dan Uber kembali diselenggarakan pada 8-15 Mei 2022? Jika Li Junhui/Liu Yuchen dan Chen Long kembali tak disertakan, peluang Indonesia mempertahankan gelar sangat terbuka.

Sebab, tunggal putra China tidak ada yang benar-benar kuat saat ini. Benar, China memiliki Shi Yuqi yang menduduki peringkat 10 dunia.

Namun, pebulu tangkis yang sempat menduduki peringkat dua dunia ini rentan cedera. Shi Yuqi sempat absen hampir satu tahun karena mengalami cedera saat turun di Indonesia Open 2019.

BACA JUGA: Andalkan Pemain Muda di Piala Thomas 2020 Layaknya Indonesia pada 2016, China Juara 4 Tahun Lagi?

Kemudian di semifinal Piala Thomas 2020 saat menghadapi Jepang, Shi Yuqi juga mengalami cedera. Akibatnya, Shi Yuqi absen di partai puncak saat China menghadapi Indonesia.

Karena itu, China hanya mengandalkan sederet tunggal putra yang tak masuk kategori elite. Sebut saja Lu Guangzu, Li Shifeng hingga Weng Hongyang.

Li Shifeng

(Li Shifeng, tunggal ketiga China di Piala Thomas 2020)

Sementara itu, di nomor ganda putra China juga masih kesulitan mencari pasangan terbaik. Bisa dibilang, Denmark masih jadi lawan tertangguh Indonesia di Piala Thomas 2022.

Sebab, mereka memiliki empat tunggal putra yang sama hebatnya, yakni Viktor Axelsen, Anders Antonsen, Rasmus Gemke hingga Hans-Kristian Vittinghus. Bagaimana dengan Jepang, selain cuma mengandalkan Kento Momota di sektor tunggal, Jepang juga masih mencari pasangan terbaik di nomor ganda.

Karena itu, jika Anthony Ginting, Jonatan Christie terus berkembang, begitu juga pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menunjukkan konsistensi, gelar Piala Thomas ke-15 pada 2022 bukanlah mimpi untuk digapai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini