Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2020, Pramudya/Yeremia Nyanyi Mars PBSI

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 40 2488445 merah-putih-tak-berkibar-di-piala-thomas-2020-pramudya-yeremia-nyanyi-mars-pbsi-2pZ1VBjyOJ.jpg Pramudya Kusumawardana dan Yeremia Erich pasangan ganda putra Indonesia. (Foto/PBSI)

AARHUS – Bendera Merah Putih tidak berkibar dan digantikan bendera PBSI saat Tim Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas 2020 di Aarhus Denmark, Momen aneh tersebut membuat pasangan ganda putra, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Pramudya Kusumawardana memilih menyanyikan mars fedarasi bulu tangkis.

Sebelumnya Badan Anti-Doping Dunia (WADA) memberikan teguran kepada Indonesia perihal program uji tes doping. Dampaknya, bendera Indonesia tidak boleh berkibar jika perwakilan Indonesia juara di ajang olahraga.

Foto/Badminton Photo

Beruntungnya, Indonesia masih dapat menyanyikan lagu kebangsaan di ajang ini. Namun hal berbeda justru dilakukan Pramudya/Yeremia di tempat lain ketika momen itu berlangsung.

Baca juga: Dibantai Jonatan Christie Sampai Jari Kram, Anders Antonsen: Yuk Tanding Lagi Sampai 1 Jam 45 Menit!

Dari Instagram Story akun pribadi Pramudya (@Pramudyaaa13) pada Selasa (19/10/2021) terlihat pasangan ini sedang berada suatu ruangan seperti kamar hotel. Pramudya yang memegang telepon genggamnya mengabadikan perilaku yang dilakukan Yeremia.

Baca juga: Indonesia Rebut Piala Thomas 2020, Herry IP Bangga Bisa Dampingi Pemain dari Generasi ke Generasi

Saat itu Yeremia sedang menyaksikan perayaan yang berlangsung melalui streaming di telefon genggamnya. Di saat yang sama, ia juga memegang telepon genggam yang memutarkan lirik dari mars PBSI.

Seketika, pasangan ini sambil melihat dua video tersebut turut menyanyikan mars PBSI. Sambil tersenyum kedua pebulutangkis ini pun memperagakan hormat ke arah kamera.

Sontak rekaman itu kemudian diunggah kembali oleh warganet dan disebarkan di media sosial. Kebanyakan dari mereka pun melayangkan reaksi tertawa atas kelakukan dua pemain ini.

Di sisi lain, ada juga yang menspekulasikan bahwa kedua pemain ikut menyindir pemerintah atas peristiwa ini. Hal yang sama dilakukan oleh beberapa insan bulu tangkis Indonesia termasuk Taufik Hidayat.

Foto/Badminton Photo

Sebagaimana diketahui, di saat bersamaan, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengucapkan maaf bagi rakyat Indonesia akan peristiwa ini. Mereka pun langsung bergegas menyelesaikan masalah ini agar tidak terulang di ajang-ajang berikutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini