Selain Taufik Hidayat, Candra Wijaya Juga Kecewa Merah Putih Tidak Berkibar saat Indonesia Juara Piala Thomas 2020

Antara, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 40 2487856 selain-taufik-hidayat-candra-wijaya-juga-kecewa-merah-putih-tidak-berkibar-saat-indonesia-juara-piala-thomas-2020-w7MmacXP35.jpg Indonesia juara Piala Thomas 2020, tetapi bendera merah putih tidak bisa berkibar (Foto: Badminton Photo)

AARHUS Indonesia juara Piala Thomas 2020 usai melibas China 3-0 di partai puncak. Akan tetapi, momen sakral kemenangan Indonesia tercoreng karena tidak ada bendera merah putih saat momen penganugerahan medali.

Legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, mengungkapkan kekecewaannya melalui instagram (@taufikhidayatofficial). Hal serupa juga diungkapkan legenda bulu tangkis Indonesia lainnya, Candra Wijaya.

Candra Wijaya (Foto: MPI)

Rasa kecewa Candra amat tampak dari komentarnya. Dia menyatakan ketidakberadaan bendara merah putih saat Indonesia juara Piala Thomas 2020 amat ironis dan memalukan.

"Ironis, pada saat merayakan kemenangan Thomas Cup, Merah Putih tidak bisa berkibar, memalukan," ujar mantan pemain ganda putra Indonesia itu, Senin (18/10/2021).

BACA JUGA: Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Denmark Open 2021 Langsung Menanti

Candra adalah salah satu pebulu tangkis yang ikut menjuarai Piala Thomas pada 2002 silam. Sekadar informasi, itu merupakan terakhir kali Indonesia menjuarai kejuaraan beregu putra sebelum Piala Thomas 2020.

Sebagaimana diketahui, ketidakberadaan pengibaran bendera merah putih ini berkaitan dengan permasalahan Indonesia dengan World Anti Doping Agency (WADA). WADA menyebut Indonesia tidak patuh dalam program uji tes doping.

WADA mengirim surat pada Lembaga Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI), 15 September 2021, terkait ketidakpatuhan program uji doping. Alhasil, Indonesia tidak bisa memenuhi Test Doping Plan (TDP) 2020 dan juga belum memenuhi TDP untuk tahun ini.

Indonesia Juara Piala Thomas 2020 (Foto: Badminton Photo)

Selain Indonesia, sejumlah negara lain juga dikirimi surat peringatan itu. Mereka punya waktu 21 hari untuk memberikan klarifikasi sejak surat peringatan diterima.

Namun, Indonesia tidak memberikan klarifikasi, seperti Thailand dan Korea Utara. WADA lalu melayangkan surat sanksi pada 7 Oktober. Jadi, dampak pada teguran WADA membuat bendera merah putih tidak bisa berkibar meski Hendra Setiawan dan kawan-kawan juara Piala Thomas 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini