Hitung-hitungan Tim Bulu Tangkis Indonesia Lolos ke Perempatfnal Piala Thomas 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 40 2485522 hitung-hitungan-tim-bulu-tangkis-indonesia-lolos-ke-perempatfnal-piala-thomas-2020-mK535HdZxm.jpeg Ini hitung-hitungan Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Thomas 2020 (Foto: NOC Indonesia)

AARHUS - Tim Bulu Tangkis Indonesia akan menjalani laga pamungkas Grup A Piala Thomas 2020. Indonesia akan melawan Taiwan di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu (13/10/2021), pukul 13.30 WIB.

Indonesia kini ada di puncak klasemen sementara Grup A berkat dua kemenangan sebelumnya. Mereka disusul Thailand (kedua) dan Taiwan (ketiga). Ketiga tim ini masih bisa lolos ke perempatfinal.

Jonatan Christie (Foto: Badminton Photo)

Untuk Indonesia, ada beberapa skenario yang akan memuluskan langkah Hendra Setiawan dkk ke perempatfinal. Skenario pertama, Indonesia harus menang atas Taiwan pada partai pamungkas siang nanti.

Berapa pun skor kemenangan itu akan cukup untuk membawa Indonesia ke fase selanjutnya. Akan tetapi, pertanyaannya adalah bagaimana jika Indonesia kalah dari Taiwan?

BACA JUGA: Jadwal Piala Thomas dan Uber 2020 Hari Ini: Lawan Taiwan, Pertaruhan Nasib Tim Thomas Indonesia

Jika hal buruk itu terjadi, ada tiga kondisi yang bisa meloloskan Indonesia ke perempatfinal. Kondisi itu berkaitan dengan laga lain di Grup A antara Thailand kontra Aljazair yang sudah dipastikan gugur.

Kondisi pertama, Indonesia akan lolos meski kalah 0-5 dari Taiwan jika Thailand hanya menang 3-2 atas Aljazair. Sebab, meski Thailand dan Indonesia punya skor gim sama 8-7, Tim Gajah Putih kalah dalam head-to-head dari Indonesia.

Kondisi kedua, Indonesia kalah 1-4 dari Taiwan dan Thailand menang 4-1 atas Aljazair. Dengan kondisi ini, Indonesia akan memiliki skor gim sama dengan Thailand, yaitu 9-6. Akan tetapi, seperti kondisi pertama, Indonesia tetap lolos ke perempatfinal karena unggul head-to-head atas Tim Gajah Putih.

Kondisi ketiga, Indonesia akan lolos ke perempafinal meski kalah 2-3 dari Taiwan. Dalam kondisi ini, Indonesia harus dua kali menang straight gim dan kalah dua kali dalam rubber gim.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Foto: Badminton Photo)

Jika ini terjadi, Indonesia akan tetap lolos ke perempatfinal meski Thailand menang 5-0 atas Aljazair. Indonesia akan unggul skor gim atas Thailand.

Semua kondisi itu tercipta karena kemenangan 3-2 Indonesia atas Thailand sebelumnya. Akan tetapi, ketimbang mengharapkan terjadinya ketiga kondisi itu, lebih aman jika Indonesisa membungkam Taiwan pada siang nanti. Semoga Indonesia dapat melakukan itu sehingga langsung lolos ke perempatfinal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini