Profil Mario Santoso, Pelatih asal Indonesia yang Bikin Brian Yang Tumbangkan Jonatan Christie di Piala Sudirman 2021

Rio Erfandi, Jurnalis · Selasa 28 September 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 40 2478101 profil-mario-santoso-pelatih-asal-indonesia-yang-bikin-brian-yang-tumbangkan-jonatan-christie-di-piala-sudirman-2021-B3fCstxcRD.jpg Brian Yang berhasil tundukkan Jonatan Christie di Piala Sudirman 2021. (Foto: Badminton Photo)

NAMA Mario Santoso ramai diperbincangkan sepanjang hari ini. Sebab, tangan dingin pelatih asal Indonesia itu membuat tunggal putra Kanada, Brian Yang, mengalahkan peraih medali emas Asian Games 2018, Jonatan Christie, di ajang Piala Sudirman 2021 dengan skor 21-9, 20-22, dan 18-21.

Lalu siapa Mario Santoso ini? Bisa dibilang Mario Santoso adalah pelatih yang berpengalaman.

Mario Santoso

(Profil Mario Santoso, pelatih Brian Yang)

Kini, Mario Santoso sedang berkarier di luar negeri sebagai pelatih di Mandarin Badminton yang merupakan sebuah klub bulu tangkis di Kanada. Sebelum hijrah ke Kanada, Mario Santoso merupakan jebolan klub PB Djarum dan Mutiara Bandung.

Saat menjadi pemain di Kanada, prestasi terbaik Mario Santoso masuk semifinal di ajang Elite Yonex Canada Ontario pada 2011 dan 2012. Namun, kariernya sebagai pelatih, ia sukses mengorbitkan pemain di Kanada untuk bersaing di ajang Internasional.

Bersama Mario Santoso, Brian Yang tampil memukau, terutama tahun ini. Salah satu prestasi yang tersorot tentu saat Brian Yang nyaris mengalahkan Chou Tien Chen asal Taiwan di fase grup Olimpiade Tokyo 2020.

BACA JUGA: Kalahkan Jonatan Christie di Piala Sudirman 2021, Ini Jawaban Santai Brian Yang

Selain itu, pada tahun ini ia juga sukses menjadi juarra Pan Am 2021 dengan meraih medali emas. Selain itu, ia jawara Denmark Masters 2021 dan Peru Internasional 2021.

Brian Yang tergabung dalam klub Mandarin Badminton yang ditukangi oleh Mario Santoso. Bahkan bisa dibilang, Brian Yang merupakan atlet andalan dari klub tersebut, selain Joshua Hurlburt Yu yang saat ini menempati peringkat ke-26 di nomor ganda campuran bersama Josephine Wu.

Brian Yang

(Brian Yang saat menghadapi Jonatan Christie)

“Pelatih Saya adalah Mario Santoso. Saya Berlatih di Mandarin Badminton,” ucap Brian Yang lewat laman resmi BWF, Jumat (11/6/2021).

Sekarang, Brian Yang telah berkembang pesat hingga secara mengejutkan berhasil mengalahkan pebulu tangkis nomor tujuh dunia yakni Jonatan Christie. Bahkan Jonatan Christie pun mengakui Brian Yang mampu merespons dengan baik ketika melakukan permainan cepat.

"Seharusnya saya tidak perlu mengubah strategi dengan bermain cepat yang menjadi kesukaan Brian. Sebagai pemain dia memiliki track record yang juga tidak jelek-jelek amat," ucap Jonatan, dalam keterangan pers PBSI.

Selanjutnya, Brian Yang dan Mario Santoso akan melakoni pertandingan pamungkas kontra Rusia pada Rabu, 29 September 2021. Laga ini merupakan yang terakhir karena Kanada sudah dipastikan tersingkir dari Piala Sudirman 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini