Cerita Unik di Balik Julukan Para Pembalap MotoGP

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 38 2476461 cerita-unik-di-balik-julukan-para-pembalap-motogp-vLbC7owvHr.jpg Valentino Rossi 'The Doctor' (Foto: media2give)

NAMA julukan bukan hal baru bagi pembalap MotoGP. Beberapa dari mereka bahkan memiliki nama julukan yang cukup terkenal salah satunya Valentino Rossi yang juga dikenal sebagai The Doctor.

Ada juga Marc Marquez yang dijuluki sebagai The Baby Alien. Rupanya, julukan tersebut tidak asal begitu saja diberikan. Selain muncul dari para fans atau penggemar, nama julukan para pembalap juga biasanya memiliki cerita yang melatar belakangi.

Lantas, apa maksud dari julukan-julukan yagn disematkan kepada para pembalap MotoGP? Dilansir dari berbagai sumber, berikut cerita unik di balik julukan pembalap MotoGP.

1. The Doctor (Valentino Rossi)

 

Bagi para pecinta MotoGP julukan The Doctor jelas bukan hal yang baru. Ya, nama tersebut identik dengan salah satu legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi.

Rupanya ada beberapa versi terkait julukan The Doctor yang diberikan kepada rider Italia tersebut. Ada yang menyebut kalau pembalap Yamaha ini sempat ingin menjadi dokter. Ada juga yang beranggapan bahwa Rossi ingin berpikir dan bekerja seperti dokter.

Sementara itu, Rossi sendiri beranggapan julukan The Doctor muncul dari komentar yang pernah ia lontarkan pada tahun 2000 lalu. “Di kelas 500cc kita tidak butuh superhero, yang kita perlukan adalah ketenangan dan berpikir seperti dokter” ujar Rossi.

2. The Baby Alien (Marc Marquez)

 

Selain The Doctor milik Valentino Rossi, ajang balap MotoGP juga cukup familiar dengan julukan The Baby Alien yang ditujukan untuk pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez.

Julukan ini tidak lain diberikan karena kehebatan Marc Marquez yang berhasil menjadi juara dunia di usianya yang sangat muda. Lebih dari itu, rider asal Spanyol itu bahkan langsung mendominasi kelas utama MotoGP sejak melakoni debut pada 2013.

3. El Diablo (Fabio Quartararo)

Fabio Quartararo mendapat julukan El Diablo yang berarti Sang Iblis jauh sebelum ia memlai karier di ajang MotoGP. Rider tim pabrikan Yamaha itu mengatakan julukan itu ia dapatkan sejak masih kecil.

Semua itu bermula ketika Quartararo memiliki helm bergambar iblis. Sejak saat itu, para rivalnya sering memanggilnya dengan sebutan El Diablo.

4. Top Gun (Maverick Vinales)


Nama Maverick sendiri diberikan oleh sang ayah, Angel Vinales, yang terinspirasi oleh tokoh utama bernama Pete “Maverick” Mitchell dalam film Top Gun yang diperankan oleh Tom Cruise.

Pada film tersebut, Tom Cruise memerankan seorang pilot pesawat tempur American F14 Tomcat. Judul film ini yang kemudian menjadi julukan Vinales. Bahkan jet tempur menjadi logo Vinales di berbagai perangkat balap dan merchandise untuk penggemarnya.

5. Einstein (Miguel Oliveira)


Pembalap KTM Red Bull, Miguel Oliveira memiliki julukan Einstein. Ya, julukan tersebut dimaksudkan pada Albert Einstein sang ilmuwan jenius penemu teori relativitas yang sangat terkenal.

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa Oliveira selalu melakukan selebrasi menjulurkan lidah di depan kamera saat menang pada MotoGP Stiria 2020 dan GP Catalunya lalu.

Bukan tanpa alasan julukan Einstein dialamatkan untuk Oliveira. Rider asal Portugal itu dinilai sangat cerdas. Pasalnya, selain menjalani balapan, Oliveira terus melanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi dan mengambil jurusan dokter gigi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini