Hadapi Barbados di Davis Cup 2021, Tim Indonesia Siapkan Program Khusus untuk Jaga Kondisi

Antara, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 43 2469609 hadapi-barbados-di-davis-cup-2021-tim-indonesia-siapkan-program-khusus-untuk-jaga-kondisi-ZRG9OEC10a.jpg Ari Fahresi terancam tak bisa bela Tim Indonesia di Davis Cup 2021 karena masalah visa. (Foto/Antara)

ABU DHABI - Tim Tenis Indonesia akan menghadapi Barbados pada ajang Davis Cup 2021. Menjelang pertemuan, pelatih kekuatan dan pengondisian tim Davis Cup Indonesia, Okki Yonda, terus mengingatkan skuad tim Merah Putih untuk menjaga kondisi dan menyiapkan program khusus untuk mengantisipasi efek lelah karena harus melakukan perjalanan. 

Skuad Merah Putih dijadwalkan bertolak ke Barbados dari Bandar Udara Soekarno-Hatta pada Jumat (10/9) malam WIB. Mereka akan transit di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab) dan New York, Amerika Serikat sebelum akhirnya tiba di Bridgetown, ibu kota Barbados pada Minggu (12/9). 

Baca juga: Belum Dapat Visa, Petenis Indonesia Terancam Tak Bisa Berlaga di Davis Cup 2021

"Kami terus mengingatkan pemain untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh dan mengonsumsi cukup cairan selama penerbangan agar terhindar dari dehidrasi," kata Okki Yonda dalam keterangan resminya, Jumat (10/9/2021). 

"Sebaiknya juga cukup istirahat, tidur malam minimal delapan jam," dia menambahkan.

Foto/Antara

Selain itu, Okki juga telah menyiapkan program latihan khusus untuk mengurangi jet lag dan menstabilkan kondisi tubuh M Gunawan Trismuwantara dan kawan-kawan.

Semua itu bertujuan agar seluruh penggawa Merah Putih mampu tampil prima, dan meraih kemenangan atas tuan rumah pada babak pertama Piala Davis Grup Dunia Il di National Tennis Centre Barbados, 17-18 September 2021. 

Skuad Merah Putih akan diperkuat pemain muda dalam pertandingan kali ini. Selain Gunawan, ada nama Justin Barki. 

Hingga berita ini diturunkan belum ada kepastian terkait pemberangkatan Ari Fahresi yang sebelumnya terkendala visa Amerika Serikat. 

Sang kapten Febi Widhiyanto mengatakan jika Ari batal berangkat, skuad Indonesia tetap akan memaksimalkan kekuatan yang ada. 

Laga Piala Davis Grup Dunia Il berlangsung dalam dua hari, menyajikan lima pertandingan. Dua partai tunggal menjadi agenda hari pertama. 

Foto/Antara

Selanjutnya satu partai ganda menjadi pembuka hari kedua, diteruskan dua laga tunggal sebagai penutup. 

"Tak masalah bila terpaksa hanya ada Justin dan Gunawan. Mereka bisa main tunggal dan ganda," kata Febi. 

Febi pun tak risau bila kedua petenisnya itu harus bermain rangkap pada hari kedua. 

"Kondisinya sama dengan saat mereka melakoni turnamen profesional. Sehari bermain rangkap tunggal dan ganda. Apalagi partai Piala Davis saat ini berformat best of three, tidak sepanjang sebelumnya yang menggunakan best of five," Febi menambahkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini