5 Pertarungan Sengit dalam Balapan MotoGP, Nomor 1 Diwarnai Insiden Tabrak Burung

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 38 2469579 5-pertarungan-sengit-dalam-balapan-motogp-nomor-1-diwarnai-insiden-tabrak-burung-FVtkxAwxvd.jpg Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)

BALAPAN MotoGP selalu menarik perhatian dari publik. Pasalnya, pertarungan sengit kerap terjadi dalam perlombaan MotoGP hingga bahkan mengakibatkan terjadinya insiden. Hal itu tentunya sudah dialami sejumlah pembalap top, seperti Marc Marquez hingga Valentino Rossi.

Lalu, balapan apa saja yang menyuguhkan pertarungan sengit di MotoGP? Berikut Okezone rangkum, lima balapan yang sengit.

BACA JUGA: 5 Calon Juara MotoGP Aragon 2021, Ada Nama Marc Marquez dan Valentino Rossi?

BACA JUGA: Lagi Bersaing Perebutkan Titel MotoGP 2021, Quartararo Dapat Wejangan dari Valentino Rossi

5. MotoGP Belanda 2016

Pada 2016, ada balapan yang menyajikan persaingan sengit. Hal itu terjadi di Grand Prix (GP) Belanda. Hujan deras diketahui mengguyur Sirkuit Assen, Belanda, kala balapan tengah berlangsung.

Marc Marquez

Dengan cuaca yang tak mendukung, para pembalap tetap berusaha menyuguhkan penampilan terbaik. Persaingan ketat pun turut tersaji dengan melibatkan nama beberapa pembalap, seperti Jack Miller dan Marc Marquez.

Di sepanjang balapan, Rossi sejatinya tampak memiliki peluang besar untuk memenangkan balapan. Miller berhasil mengekornya dan terus bertarung ketat di sembilan lap terakhir.

Sayangnya, Rossi lagi-lagi mengalami nasib sial karena harus mengakhiri balapannya di dua lap terakhir karena mengalami insiden. Miller pun keluar sebagai pemenang dalam seri tersebut.

4. MotoGP Qatar 2019

Selanjutnya, balapan yang menyuguhkan persaingan sengit tersaji pada musim lalu. Hal itu tepatnya terjadi di seri awal MotoGP 2019 yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar. Andrea Dovizioso tampil begitu perkasa dalam balapan tersebut karena bisa memimpin sejak awal balapan.

Andrea Dovizioso

Tetapi, dominasi Dovizioso di MotoGP Qatar 2019 diganggu oleh Marquez. Persaingan yang ketat tersaji di beberapa lap jelang berakhirnya balapan. Tetapi, Dovizioso akhirnya bisa terus menjaga posisinya sebagai pemimpin dalam balapan tersebut hingga menyentuh garis finis. Namun, catatan waktunya hanya terpaut tipis dengan Marquez, yakni hanya dengan 0,023 detik.

3. MotoGP Italia 2016

Kemudian, balapan tersengit terjadi di MotoGP Italia 2016. Ada tiga nama yang setidaknya bersaing untuk memperebutkan kemenangan dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia, yakni duo Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, serta rider Repsol Honda, Marc Marquez.

Valentino Rossi

Rossi sendiri sejatinya berhasil memimpin balapan sejak awal. Tetapi, petaka datang di lap kedelapan. The Doctor –julukan Rossi– harus pensiun dini dari balapan karena motornya mengalami kerusakan parah.

Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Lorenzo yang sejak awal terus mengekor rekan setimnya tersebut. Sayangnya, usaha Lorenzo untuk merebut kemenangan tak benar-benar mulus. Di lap-lap akhir, Marquez berusaha merebut tempat Lorenzo.

Persaingan begitu ketat kala itu. Por Fuera –julukan Lorenzo– berhasil memenangkan balapan, tetapi catatan waktunya terpaut begitu tipis dengan Marquez, yakni hanya 0,019 detik.

2. MotoGP Belanda 2018

Balapan di MotoGP Belanda 2018 juga berlangsung dengit. Pertarungan yang intens ini menjadi salah satu yang tak terlupakan di benak para penggemar MotoGP.

Maverick Vinales

Lorenzo yang hanya memulai balapan dari posisi ke-10 bisa memimpin balapan di lap pertama. Di belakangnya, ada Marquez yang bersaing ketat dengan Rossi, Andrea Dovizioso, Alex Rins, dan Maverick Vinales.

Tetapi, Lorenzo gagal menjaga tempatnya. Posisinya direbut oleh Dovizioso ke-15. Persaingan ketat tak berhenti sampai di situ. Di empat lap kemudian, Vinales yang bergantian memimpin.

Persaingan makin ketat setelah itu, Marquez yang sempat bergantian memimpin akhirnya tersalip oleh Dovizioso dan Rossi yang berduel dengan ketat. Tetapi, Marquez berhasil kembali memimpin di lap ke-22 dan menyegel kemenangan.

1. MotoGP Australia 2015

Di urutan pertama, ada MotoGP Australia 2015. Balapan di Sirkuit Phillip Island, Australia, ini juga tak kalah sengit dari tiga seri sebelumnya. Bahkan, duel sengit turut diwarnai dengan insiden menabrak burung di pertengahan balapan.

Andrea Iannone

Empat pembalap tercatat berjuang untuk memperebutkan kemenangan di seri ini, yakni ada Marquez, Lorenzo, Rossi, dan Andrea Iannone. Marquez mendominasi balapan kala itu dan terus memimpin di baris terdepan.

Melihat kondisi ini, tiga pembalap lain yang berada di belakang Marquez tentu saja tak tinggal diam. Mereka berusaha menyalip Marquez demi memetik kemenangan. Tetapi, usaha Iannone kala itu tak berjalan mulus.

Iannone justru menghantam burung camar yang tiba-tiba berada di lintasan. Hantaman keras itu membuat fairing motor Iannone rusak berat. Meski begitu, Iannone tetap menyelesaikan balapan bahkan naik podium ketiga. Balapan sendiri akhirnya dimenangkan oleh Marquez, dan posisi kedua ditempati Lorenzo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini