Jalani Debut, Jake Dixon Bingung Pembalap MotoGP Cepat Banget

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 38 2462554 jalani-debut-jake-dixon-bingung-pembalap-motogp-cepat-banget-buFmMmkPlK.jpg Jake Dixon beraksi di FP MotoGP Inggris 2021. (Foto/MotoGP)

NORTHAMPTON – Jake Dixon menjalani debut MotoGP dengan melakoni latihan bebas pertama di MotoGP Inggris 2021, Jumat (28/8/2021). Dia merasa terkejut dengan kecepatan yang ditampilkan para pesaingnya.

Pembalap asli Inggris itu ada di posisi kedua dari belakang pada latihan bebas pertama kemarin. Dia hanya unggul dari Lorenzo Savadori yang ada di posisi paling buncit.

Foto/MotoGP

Dixon yang dipromosikan karena efek domino dari pemecatan Maverick Vinales, mengaku kesulitan di awal latihan bebas pertama. Namun, setelah beberapa lap dia mulai nyaman dengan kuda besi barunya itu.

Baca juga: Jatuh saat Latihan Bebas di MotoGP Inggris 2021, Marc Marquez Ungkap Kondisinya

Selain itu, Dixon juga mengungkapkan ekspresinya saat melihat pembalap-pembalap lain bisa melaju dengan cepat dengan motor yang sebesar itu. Tetapi, dia beranggapan bahwa adaptasinya di MotoGP hanya masalah jam terbang saja.

Baca juga: MotoGP Inggris 2021: Valentino Rossi Optimis 10 Besar Jika Balapan dalam Kondisi Kering

“Semuanya terjadi begitu cepat pada awalnya. Saya bahkan tidak bisa menyesuaikan tuas rem depan sampai semuanya sedikit melambat, tapi setelah dua atau tiga lap saya mulai benar-benar menikmatinya,” kata Dixon dilansir dari Crash, Sabtu (28/8/2021).

"Jadi itu bagus, tetapi tidak ada yang akan saya katakan kecuali 'ya Tuhan bagaimana mereka melakukan itu? (melaju dengan kencang)'. Saya hanya berpikir bahwa ini hanya masalah waktu dan pemahaman tentang motor dan ban,” imbuhnya.

Di sisi lain, Dixon juga merasa motor kelas MotoGP sangat berbeda dengan beberapa motor yang pernah dikendarainya, seperti di Moto2 atau Superbike. Tetapi, dia bersyukur bisa ada di tim satelit Yamaha yang memiliki tim yang hebat. Dia juga berharap bisa meningkatkan performanya dengan penyesuaian yang dilakukan olehnya dan tim.

Foto/MotoGP

“Ini benar-benar berbeda dari segi motor, bagaimana menguasainya dan betapa kakunya. Mungkin, jika saya membuat sedikit masukan itu akan membuat perbedaan yang besar. Tapi hal yang baik bagi saya adalah saya dalam tim yang luar biasa, Yamaha, dan motornya diatur dengan sangat baik," jelas pembalap berusia 25 tahun itu.

“Ada beberapa hal yang mudah-mudahan bisa saya tingkatkan besok. Tetapi jika kami bisa melakukan sedikit penyesuaian dalam cara saya menguasai motor, saya pikir kami akan membuat langkah besar lainnya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini