Share

Balapan MotoGP Austria 2021 Penuh Drama, Valentino Rossi Nyaris Rebut Podium Ke-200

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2021 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 38 2456000 balapan-motogp-austria-2021-penuh-drama-valentino-rossi-nyaris-rebut-podium-ke-200-9aoL7mhDLu.jpg Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

SPIELBERG – Balapan MotoGP Austria 2021 berhasil menghibur banyak penggemarnya lantaran ada banyak drama yang terjadi di sepanjang balapan yang berlangsung pada Minggu (15/8/2021) malam WIB. Salah satu yang paling menarik adalah hampirnya Valentino Rossi finis di posisi podium.

Rossi sejatinya mengawali race di posisi ke-18 dan mengakhiri balapan seri Austria itu di peringkat kedelapan. Posisi itu menjadi pencapaian terbaiknya di MotoGP 2021. Namun, sebenarnya Rossi bisa mengakhiri balapan di posisi yang lebih baik lagi, yakni berada di podium.

Pasalnya ketika balapan menyisakan dua lap lagi, The Doctor sempat berada di urutan ketiga dan berada di belakang Brad Binder (KTM Red Bull) yang pada akhirnya memenangkan balapan, serta Aleix Espargaro (Aprilia Gresini) yang pada saat itu berada di posisi kedua.

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Austria: Quartararo Masih di Puncak, Marc Marquez dan Valentino Rossi di Luar 10 Besar

Momen Valentino Rossi berada di urutan ketiga pada balapan MotoGP Austria 2021

Rossi, Bnder, dan Espargaro bisa memimpin balapan di Sirkuit Red Bull Ring lantaran sejumlah pembalap yang awalnya memimpin race, seperti Marc Marquez (Repsol Honda), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Jorge Martin (Pramac Ducati), dan beberapa ridernya masuk ke dalam pit untuk mengganti motor.

Sirkuit Red Bull Ring yang diguyur hujan membuat lintasan basah sehingga white flag atau bendera putih berkibar yang menandakan para pembalap boleh mengganti motornya untuk menghadapi kondisi yang berbeda tersebut. Karena itulah sejumlah pembalap masuk ke pit untuk mengganti motor.

Pada momen tersebutlah Rossi berhasil berada di peringkat ketiga dan berpeluang mengincar podium ke-200. Momen itu jelas sangat ditunggu mengingat terakhir kali pembalap asal Italia itu finis di podium adalah pada musim lalu.

Akan tetapi, sayangnya seiring berjalannya waktu, di momen-momen dua lap terakhir itu posisi Rossi tercece dan ia disalip oleh beberapa pembalap lainnya. Termasuk oleh Bagnaia dan Martin yang awalnya masuk ke pit untuk mengganti motor.

Rossi pun pada akhirnya finis di posisi kedelapan dan harus puas merelakan lagi peluangnya finis di podium. Sementara balapan dimenangkan oleh Binder yang diikuti Bagnaia dan Martin yang secara berurutan finis di peringkat kedua dan ketiga.

Valentino Rossi

Terlepas dari itu semua, balapan MotoGP 2021 masih panjang dan Rossi masih memiliki kesempatan untuk meraih podium ke-200 sebelum pada akhirnya pensiun di akhir musim nanti. MotoGP 2021 tepatnya masih menyisakan tujuh balapan lagi.

Sementara itu, Marquez sempat memimpin balapan MotoGP Austria 2021 sebelum adanya pergantian motor tersebut justru berada di peringkat ke-15 saat race berakhir. Marquez gagal mengembalikan posisinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini