Daftar Unggulan Piala Sudirman 2021, Indonesia di Bawah China

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 40 2454268 daftar-unggulan-piala-sudirman-2021-indonesia-di-bawah-china-4PnfWqQVxY.jpg Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya beraksi di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Reuters)

KUALA LUMPUR - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), telah merilis daftar peserta Piala Sudirman 2021 pada Maret lalu. Posisi Indonesia masuk tiga besar sebagai unggulan, namun masih berada di bawah China.

BWF telah merilis daftar unggulan sebelum dilangsungkan pengundian pada 25 Agustus 2021. Indonesia sendiri ditempatkan pada unggulan ketiga dan akan menempati pot pertama.

Foto/Reuters

China sebagai juara bertahan sekaligus juara paling banyak Piala Sudirman, berada di unggulan pertama. Negeri Tirai Bambu itu berhasil juara sebanyak 11 kali sejak turnamen itu bergulir pada 1989. Statusnya sebagai juara bertahan telah meloloskan mereka tampil di Piala Sudirman 2021.

Baca juga: Korea Open 2021 Batal, PBSI Siapkan Atlet ke Piala Sudirman dan Thomas-Uber

Finalis Piala Sudirman 2019, Jepang, ada di tempat kedua. Jepang yang dinilai gagal total dalam Olimpiade Tokyo 2020 diprediksi akan mengerahkan atlet-atlet terbaiknya untuk memperbaiki nama mereka di dunia bulu tangkis internasional.

Baca juga: 5 Pencapaian Terakhir Tim Indonesia di Piala Sudirman

Tim Merah-Putih berada di unggulan ketiga dari daftar yang dirilis oleh BWF itu. Indonesia yang baru sekali menjadi juara pada kali pertama turnamen itu dibuat 31 tahun lalu, berambisi membawa pulang kembali piala yang namanya diambil dari salah satu pendiri PBSI, Dick Sudirman.

Sementara itu, juara Piala Sudirman empat kali, Korea Selatan, ada di tempat kelima daftar unggulan. Negeri Gingseng yang terakhir kali juara di 2017, dipastikan akan bertekad menambah koleksi piala itu ke negaranya.

Di bawah Indonesia, ada Taiwan yang duduk di posisi empat. Negara Asia Tenggara lainnya, Thailand dan Malaysia bercokol di peringkat enam dan delapan. Sedangkan India persis berada di bawah Negeri Jiran.

Negara-negara Benua Biru juga berpartisipasi dalam kejuaraan ini, termasuk Denmark, yang lolos ke Piala Sudirman usai menjuarai Kejuaraan Beregu Campuran Eropa 2021. Negara skandinavia itu ada di unggulan tujuh.

Negara Eropa lainnya yaitu Inggris, Rusia, Jerman dan Prancis ada di urutan 10, 12,13 dan 14. Di antara negara-negara Eropa, terselip wakil benua Amerika, Kanada, yang duduk di posisi 11. Mesir yang menjadi wakil asal Afrika, dan tampil perdana di Piala Sudirman ada di urutan terakhir alias 16.

Peringkat unggulan di Piala Sudirman itu diambil dari total poin dari tiga pemain dengan peringkat tertinggi di masing-masing nomor di peringkat BWF pada 23 Februari 2021. Rinciannya adalah satu pemain tunggal putra, satu tunggal putri, satu pasangan ganda putra, satu putri pasangan ganda dan satu pasangan ganda campuran. Kemudian, poin itu akan dibandingkan untuk menentukan kekuatan tim secara keseluruhan.

Setelah itu, dari 16 tim yang berpartisipasi akan dipecah menjadi empat grup, masing-masing grup akan diisi oleh empat tim. Juara dan runner-up grup akan lolos ke babak selanjutnya.

Foto/Reuters

Sebelumnya, BWF memilih 16 tim tersebut berdasarkan ranking dunia. Namun, hal ini tidak berlaku pada zona Eropa karena mereka telah melangsungkan Kejuaraan Beregu Campuran pada Februari lalu sebagai syarat lolos ke ajang Piala Sudirman 2021. Keempat tim Eropa yang berhak lolos adalah Denmark, Jerman, Rusia, dan Prancis.

Lalu, untuk zona lainnya BWF memberikan alokasi tersebut berdasarkan ranking dunia. Asia mendapatkan empat jatah yang diberikan kepada Jepang, Indonesia, Taiwan, dan Korea Selatan. Lalu jatah berikutnya diberikan kepada tiga zona lainnya yakni Pan-Amerika, Afrika, dan Oseania. Ketiga zona tersebut masing-masing mendapat satu kuota (Kanada, Mesir, dan Australia).

Sisanya, BWF memberikan tempat kepada China sebagai juara bertahan. Lalu, Thailand, Malaysia, India, dan Inggris juga memiliki jatah lolos ke Piala Sudirman 2021 sebagai penghuni peringkat terbaik di luar ke-12 tim yang telah lolos lebih dulu. Sementara itu, Finlandia yang menjadi tuan rumah akan menjadi tim cadangan jika ada yang mengundurkan diri.

Berikut adalah daftar lengkap urutan unggulan negara peserta Piala Sudirman 2021:

1. China

2. Jepang

3. Indonesia

4. Taiwan

5. Korea Selatan

6. Thailand

7. Denmark

8. Malaysia

9. India

10. Inggris

11. Kanada

12. Jerman

13. Rusia

14. Prancis

15. Australia

16. Mesir

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini