Gagal di Tunggal Putra Olimpiade Tokyo 2020, Novak Djokovic Takluk pada Nomor Ganda Campuran

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 20:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 40 2448691 gagal-di-tunggal-putra-olimpiade-tokyo-2020-novak-djokovic-takluk-pada-nomor-ganda-campuran-rfrkVDXiXe.jpg Novak Djokovic turun di nomor ganda campuran bersama Nina Stojanovic. (Foto/Reuters)

TOKYO – Petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic, gagal melaju ke final tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020 setelah dikalahkan wakil Jerman. Atlet asal Serbia itu lalu menaruh harapan saat turun di ganda campuran, namun dia juga tak mampu tampil ke partai puncak setelah takluk dari wakil Komite Olahraga Rusia (ROC).

Awalnya, publik Serbia berharap banyak kepada Djokovic di nomor tunggal putra yang mempertemukannya dengan petenis Jerman, Alexander Zverev. Namun hasil mengejutkan terjadi di mana petenis berusia 34 tahun ini kalah dalam tiga set dengan skor 6-1,3-6, dan 1-6, Jumat (30/7/2021).

Foto/Reuters

Meski berakhir tak sesuai harapan, setidaknya Djokovic masih mampu membanggakan dalam nomor lain. Ia juga terdaftar berpasangan dengan Nina Stojanovic di ganda campuran.

Baca juga: Petenis Nomor 1 Dunia Novak Djokovic Kalah di Olimpiade Tokyo 2020, Gelar Golden Slam Gagal Diraih

Namun, saat mereka bertanding melawan pasangan dari perwakilan Komite Olahraga Rusia (ROC) Aslan Karatsev/Elena Vesnina, mereka juga alami kekalahan. Bermain di Ariake Tennis Court, Jepang, Djokovic/Stojanovic kalah dengan skor 4-7 dan 5-7 di hari yang sama.

Baca juga: Lupakan Kekalahan di Semifinal, Ahsan/Hendra Fokus Incar Medali Perunggu Olimpiade Tokyo 2020

Bukan cuma emas yang gagal Djokovic raih dari kedua nomor ini, namun ia juga gagal meraih predikat gelar Golden Slam. Predikat ini disematkan bagi petenis yang berhasil meraih empat gelar Grand Slam dan satu medali emas Olimpiade.

Sekadar informasi, Djokovic sebelumnya telah menampilkan kualitas yang konsisten dan mumpuni untuk meraup tiga gelar Grand Slam di tahun ini. Tiga gelar tersebut adalah Australia Terbuka, Prancis Terbuka dan Wimbledon.

Meski telah gagal di Olimpiade Tokyo, Djokovic masih dapat memberi penampilan terbaik untuk membuat empat gelar juara Grand Slam. Tepatnya, pada September 2021 mendatang di Amerika Serikat Terbuka.

Foto/Reuters

Tak hanya itu, ia pun masih dapat membanggakan negaranya di Olimpiade dengan menyumbangkan setidaknya medali perunggu di kedua nomor tadi. Di nomor tunggal putra, Djokovic akan menghadapi wakil Spanyol, Pablo Carreno Busta.

Sementara di nomor ganda campuran, Djokovic/Stojanovic akan melawan wakil Australia, John Peers/Ashleigh Barty. Kedua pertandingan tersebut akan dilangsungkan besok, Sabtu 31 Juli 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini