Praveen/Melati Minta Maaf Gagal Sumbang Medali untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 40 2447296 praveen-melati-minta-maaf-gagal-sumbang-medali-untuk-indonesia-di-olimpiade-tokyo-2020-Jx5KnuFlbo.JPG Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

TOKYO – Harapan Indonesia untuk mendapatkan medali Olimpiade Tokyo 2020 dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor ganda campuran terpaksa harus disudahi. Hal tersebut tak terlepas dari gugurnya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di babak perempatfinal.

Praveen/Melati gugur usai dihajar dua gim langsung oleh pasangan asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Praveen/Melati dibuat tak berdaya oleh ganda campuran peringkat satu dunia tersebut dengan skor 17-21 dan 15-21.

Sadar bahwa banyak yang kecewa karena gagal sumbang medali di Olimpiade Tokyo 2020, Praveen/Jordan lantas meminta maaf. Mereka merasa gagal karena tak bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Tanah Air di pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Zheng/Huang Akui Ditolong Praveen/Melati untuk Lolos ke Semifinal Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpaide Tokyo 2020a

“Pertama kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia, kami belum bisa memberikan hasil yang terbaik," ungkap Melati, seperti yang dilaporkan PBSI, Rabu (28/7/2021).

Menurut pernyataan Melati, dirinya dan Praveen sudah berusaha tampil sebaik mungkin. Praveen/Melati bahkan merasa sebenarnya permainan mereka sebenarnya sudah baik, bahkan melebih apa yang terlihat dua hari kemarin.

Akan tetapi, Praveen/Melati nyatanya tetap kesulitan menghadapi ganda campuran peringkat satu dunia tersebut. Bagi Melati, Zheng/Huang tampil jauh lebih baik dari mereka pada pertandingan yang berlangsung di Musashino Forest Plaza tersebut.

“Kami sudah mencoba tapi hasilnya kurang memuaskan. Kami juga merasa kami tampil cukup baik hari ini dibanding dua hari lalu. Tetapi mereka (Zheng/Huang) memang jauh lebih baik," lanjut Melati.

Kegagalan Praveen/Melati melaju ke semifinal itu tak hanya membuang peluang Indonesia menambahkan medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Tetapi juga menorehkan catatan buruk dalam prestasi Indonesia di nomor ganda campuran pada pesta olahraga multievent tersebut.

Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Catatan buruk yang dimaksud adalah untuk pertama kalinya sejak Olimpiade Athena 2004, tak satu pun wakil Indonesia yang tampil di semifinal ganda campuran di ajang tersebut. Padahal sejak Olimpiade Beijing 2008, selalu ada perwakilan Tanah Air di semifinal ganda campuran.

Praveen/Melati telah mengulangi hasil pahit di Olimpiade Athena 2004 di mana tak ada satu pun wakil ganda campuran yang dapat melaju ke babak semifinal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini