Menang di Sachsenring, Schwantz: Tanda Marc Marquez Telah Kembali!

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 38 2439063 menang-di-sachsenring-schwantz-tanda-marc-marquez-telah-kembali-0e4qPxLa3C.jpg Marc Marquez. (Foto: MotoGP)

CERVERA – Legenda balap, Kevin Schwantz, mengomentari perjalanan Marc Marquez di MotoGP 2021. Melihatnya sudah berhasil merebut kemenangan lagi setelah memble di awal musim, Schwantz menilai Marc Marquez sudah memberi tanda akan segera kembali trengginas di MotoGP.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez harus mengalami cedera parah pada awal musim 2020. Dia mengalami patah tulang pada lengan kanannya hingga harus absen panjang di MotoGP.

Marc Marquez

The Baby Alien -julukan Marc Marquez- dipaksa menepi hampir semusim penuh pada 2020. Marquez pun harus menjalani tiga kali operasi untuk akhirnya bisa comeback ke pentas MotoGP pada seri Portugal 2021.

Dalam momen comeback-nya, juara dunia delapan kali itu tak bisa tampil setrengginas dahulu kala. Dia hanya finis di urutan ketujuh. Alih-alih bangkit di balapan berikutnya, Marquez justru semakin terpuruk.

BACA JUGA: Jeda Paruh Musim MotoGP 2021, Marc Marquez Ingin Santai

Beberapa kali gagal finis, Marquez secara mengejutkan justru bisa merebut kemenangan di MotoGP Jerman 2021. Balapan di Sirkuit Sachsenring, Jerman, itu diselesaikan dengan manis oleh Marquez yang sejatinya belum pulih betul dari cederanya.

BACA JUGA:  Harapan Marc Marquez untuk Paruh Kedua MotoGP 2021: Lebih Bugar!

Melihat kondisi ini, Schwantz pun memberi komentar. Menurutnya, pencapaian manis di Sachsenring telah menjadi bukti bahwa Marquez bakal kembali kompetitif dalam beraksi di pentas MotoGP.

Tak ayal, para rivalnya perlu memberi kewaspadaan kepada Marquez. Sebab, kinerjanya diyakini akan lebih impresif di paruh kedua musim 2021.

“Saya selalu yakin bahwa kembali ke performa maksimal membutuhkan waktu hampir dua kali lebih lama dari periode cedera. Berapa lama Marc cedera? Sembilan bulan,” ujar Schwantz, sebagaimana dikutip dari Motosan, Senin (23/7/2021).

“Jika Anda melewatkan satu atau dua balapan, dibutuhkan tiga atau empat balapan untuk kembali ke bentuk semula. Karena pertama-tama, Anda harus mendapatkan kembali kekuatan fisik dan kemudian kekuatan mental,” lanjutnya.

Marc Marquez

“Bagi saya, Marc telah melakukan pekerjaan dengan baik sejak dia kembali. Menang di Sachsenring itu sulit. Dengan begitu, menang di trek ini membuatnya pantas mendapat banyak rasa hormat,” jelas Schwantz.

“Butuh kekuatan fisik dan mental untuk melakukannya, Marc juga cukup mumpuni di sana dengan menempati posisi kelima. Dia berjalan menjauh dari semua lawannya dalam perlombaan. Dia berjalan ke depan dan berdiri di sana. Saya pikir itu adalah tanda bahwa dia telah kembali,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini