Target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Bukan Jumlah Medali, tapi Peringkat

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 43 2437719 target-indonesia-di-olimpiade-tokyo-2020-bukan-jumlah-medali-tapi-peringkat-LnMG1tEpxI.jpg Menpora Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan bahwa target Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 bukanlah jumlah medali, melainkan peringkat. Maksudnya kini para atlet yang berkiprah di Olimpiade tidak ditargetkan harus meraih berapa medali.

Seperti yang diketahui, selama ini kontingen Indonesia selalu ditargetkan harus meraih berapa medali disetiap Olimpaide. Namun, setelah dibicarakan lebih lanjut, kini para atlet pada akhirnya tidak ditargetkan jumlah medalinya, melainkan peringkat akhir pesta olahraga tersebut.

Menpora Zainudin Amali mengatakan peringkat seharusnya menjadi hal yang jauh lebih penting ketimbang target medali yang ingin dicapai. Walau memang peringkat di klasemen Olimpiade itu tentu berdasarkan jumlah medali yang ingin diraih.

Baca Juga: Menpora Pastikan PON XX Papua Digelar Sesuai Jadwal

Logo Olimpiade

Semakin banyak medali yang diraih, maka makin bagusnya juga posisi yang bisa dicapai. Namun, tentunya jika menargetkan peringkat, maka tujuannya kini sudah bukan masing-masing cabang olahraga (cabor) saja.

Dengan adanya target peringkat Olimpiade itu, maka semua cabor akan bekerja sama meraih medali sebanyak mungkin agar bisa mendapatkan posisi yang baik di klasemen. Menpora Zainudin ingin membentuk grand desain target mereka jauh lebih baik dari edisi Olimpiade sebelumnya.

“Target kami (di Olimpiade Tokyo 2020) adalah langsung peringkat. Jadi, kami takkan menyebut berapa medali emas, perak, atau perunggu. Sehingga saat diskusi, lebih gampang dimonitor. Jadi, dalam grand desain target kita tentu jauh harus lebih baik dari edisi terakhir,” kata Menpora Zainudin, saat hadiri jumpa pers online, Kamis (8/7/2021).

“Kami berharap Olimpiade (Tokyo 2020) ini akan jauh lebih baik. Kami programkan bertahap dan agar bisa mengubah cara berpikir kita (dari menargetkan medali ke peringkat akhir Olimpiade),” tambah Zainudin.

Zainudin pun memastikan bahwa Olimpiade kini sudah menjadi target utama prestasi olahraga Indonesia. Ia mau atlet-atlet Tanah Air bisa bersinar di Olimpieda. Sakingb mengistimewakan Olimpiade, Zainudin sampai mengatakan SEA Games dan Asian Games sebagai sasaran antara saja.

“Sejak saat ini sasaran kami Olimpiade, SEA Games dan Asian Games hanya sasaran antara saja. Jadi kami perkuat ke sana. Olimpiade 2020 targetnya peringkat berapa, 2024 berapa, sampai 100 tahun Indonesia merdeka, dan itu dilakukan sampai Olimpiade 2044,” sambung Zainudin.

Kontingen Indonesia di SEA Games 2019

Pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 silam, Indonesia berhasil meraih satu medali emas dari cabor bulu tangkis lewat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Lalu dua medali perak dari angkat besi, yang dipersembahkan Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan.

Dari satu medali emas dan dua perak itu, Indonesia bertengger di peringkat 46 pada akhir klasemen Olimpieda Rio De Janeiro 2016. Kini tentu target Indonesia adalah melebihi dari peringkat 46 seperti yang dicapai di edisi sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini